Motivasi Partai SRI Usung Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVANews/ Tri Saputro

VIVAnews – Satu lagi partai baru siap mendaftar verifikasi parpol di Kementerian Hukum dan HAM untuk mengikuti Pemilu 2014 mendatang. Partai itu adalah Partai Serikat Rakyat Independen yang hendak mengusung Sri Mulyani Indrawati sebagai calon presiden mendatang.

Anggota Majelis Pertimbangan Partai SRI, Arbi Sanit, menjelaskan sejumlah pertimbangan di balik diusungnya nama Sri Mulyani menjadi calon presiden.  “Pertama, Sri Mulyani adalah sosok yang berintegritas tinggi. Kedua, ia berpengalaman dalam politik karena berulang-kali menghadapi serangan-serangan anggota DPR. Ketiga, ia memiliki pengalaman sebagai negarawan di mana ia pernah menyelesaikan masalah-masalah kenegaraan,” kata Arbi kepada VIVAnews, Rabu 3 Agustus 2011.

“Keempat, ia berpengalaman sebagai manajer kenegaraan karena pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan dan Menko Perekonomian. Kelima, ia memiliki pengalaman internasional. Keenam, ia berpengalaman melakukan pembaharuan sistem,” papar Arbi. Keenam hal itu, menurutnya, menjadikan sosok Sri Mulyani sebagai kandidat yang matang dan lengkap secara pengalaman.

Arbi menyadari, kasus Bank Century bisa menjadi hambatan politik bagi Sri Mulyani. Namun ia berpendapat, hal itu tidak mengurangi sedikit pun integritas Sri Mulyani sebagai seorang tokoh negara. “Kasus Bank Century tetap harus dihadapi. Yang jelas, secara hukum dia tidak salah. Dia salah secara politik. Dan bila bicara politik, sebetulnya itu bukan kesalahan, melainkan pilihan,” ujar dosen FISIP Universitas Indonesia itu.

“Sri Mulyani tidak salah secara hukum dan moral. Soal itu, bisa diperdebatkan sampai mati,” tegas Arbi. Ia menjelaskan, sejauh ini Partai SRI telah menjalin komunikasi dengan Sri Mulyani. “Pasti ada komunikasi. Sejak awal, kelompok orang-orang ini memang selalu mendukung dia di belakang ketika dia diserang habis-habisan dari segala arah,” terang Arbi.

Sri Mulyani sendiri saat ini berada di Washington, Amerika Serikat, dalam rangka tugasnya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Wanita kelahiran Lampung ini pernah dinobatkan menjadi Menteri Keuangan terbaik Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2008. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024