Stop Polemik, Marzuki Diminta ke Dewan Pers

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua DPR Marzuki Alie mengeluhkan pernyataannya dikutip sepotong-sepotong oleh media. Pernyataan itu pun berulangkali disampaikan Marzuki dalan berbagai kesempatan.

Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, daripada menjadikan polemik dan debat kusir, lebih baik diadukan ke Dewan Pers.

"Marzuki Alie mengatakan, 'Pers memelintir perkataan saya.' Seolah-olah semua pers begitu, padahal ada juga pers yang tidak memelintir bahkan tidak menulis soal itu. Lebih baik difokuskan sehingga kita bisa verifikasi siapa yang memelintir," ujar Agus dalam diskusi Polemik Trijaya di Jakarta, Sabtu, 6 Agustus 2011.

Menurut Agus, sampai saat ini belum ada aduan dari Marzuki. "Belum mau, kita tidak tahu sikap pak Marzuki seperti apa," katanya. "Padahal Dewan Pers siap membantu kapan saja."

Agus mengatakan, hal itu sebagai upaya bagaimana kode etik jurnalis itu ditegakkan. "Kami tidak membela pers siapapun, kami menegakkan kode etik. Kalau memang pak Marzuki tidak mau, ya kami tidak maksa," katanya.

Ketua DPR Marzuki Alie beberapa waktu lalu memicu kontroversi dengan mengangkat wacana pembubaran KPK, jika terbukti KPK diisi oleh orang yang tidak kredibel. Namun belakangan Marzuki membantah ingin membubarkan KPK.

Marzuki mengatakan, "Ada kata ‘kalau' di situ. Bukan berarti saya ingin membubarkan KPK," ujarnya beberapa waktu lalu. (adi)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024