Hasil Audit Century Perkuat Dugaan Pidana

Century Bank
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Audit forensik Bank Century yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan telah selesai 35 persen. Anggota Tim Pengawas Kasus Century, Akbar Faizal, menyatakan hasil audit ini memberi harapan untuk pengungkapan skandal di bank yang kini berganti nama jadi Bank Mutiara itu.

"Hasil audit ini semakin menguatkan unsur pidana, sehingga tak ada alasan KPK tidak mengusutnya," ujar Akbar saat dihubungi VIVAnews, Jumat 19 Agustus 2011. Dari hasil audit 35 persen itu, lanjutnya, memang banyak masalah di bank yang didirikan Robert Tantular itu. Mulai dari masalah Antaboga sampai ke masalah transaksi-transaksi janggal.

"Sejumlah transaksi menjelaskan bahwa Antaboga adalah bagian dari Bank Century," kata Akbar. "Ada nasabah Antaboga yang dibayarkan uangnya melalui Bank Century." Selama ini Bank Mutiara selalu mengelak menyelesaikan tanggung jawabnya atas nasabah Antaboga.

Kemudian banyak transaksi yang disebut Akbar mencapai ratusan disinyalir janggal. Misalnya, rekening atas nama fiktif dan alamat fiktif. "Bahkan ada 60 transaksi baru yang jumlahnya signifikan namun janggal," kata Akbar.

Namun hasil audit ini, kata Akbar, belum bisa disimpulkannya terkait dengan Pemilu atau Pemilihan Presiden 2009 lalu. "Tunggu saja auditnya 100 persen selesai," kata Akbar. Audit forensik ini ditargetkan selesai November nanti.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Hasil audit ini diterima Tim Pengawas pada Kamis kemarin. Hanya utusan dari Fraksi Partai Demokrat yang tidak hadir pada hari itu.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024