Marzuki: Wajar Seleksi Pimpinan KPK Politis

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua DPR, Marzuki Alie, menilai wajar saja apabila ada kepentingan politik dalam uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Namun, menurutnya, proses uji kepatutan dan kelayakan tersebut sebaiknya fokus pada substansi. Yakni memilih pimpinan KPK yang terbaik untuk periode empat tahun mendatang.

"Dipolitisasi lain dengan kepentingan politik. Kalau jumlah calon pimpinan 8 atau 10 diperdebatkan, itu sudah dipolitisasi. Kita bicara substansi saja. Tapi kalau di dalam pemilihan ada kepentingan politik wajar saja, karena ini lembaga politik," ujar Marzuki di DPR RI, Jakarta, Jumat 16 September 2011.

Kunci agar dapat memilih orang yang terbaik untuk menjadi pimpinan KPK, menurut Marzuki, sebenarnya terletak di Pansel yang melakukan seleksi tokoh-tokoh yang mendaftar sejak awal hingga diserahkan untuk diuji di DPR.

Apabila DPR merasa calon yang diserahkan itu belum memenuhi harapan, menurut Marzuki, tetap lakukan saja proses uji kelayakan dan kepantasan. "Itu kan hasil Pansel. Jadi kalau ada salah pilih, jangan salahkan DPR, salahkan Pansel," kata Marzuki.

"Kalau kita tolak delapan nama itu, nanti dianggap DPR cari-cari masalah lagi," tambah Marzuki.

Dengan demikian, menurut Marzuki, delapan calon pimpinan KPK yang sudah diserahkan Pansel kepada DPR tersebut sebaiknya jangan ditolak. Hal ini mengingat waktu yang sudah kian sedikit untuk mencari pimpinan KPK yang baru. "KPK saat ini juga berada di ujung masa jabatan. Agak sulit mengharapkan mereka bekerja seperti orang yang baru masuk," kata Marzuki.

Namun, Marzuki mengingatkan agar Komisi III memilih orang yang betul-betul tepat untuk menjadi pimpinan KPK mendatang. "Siapapun juga yang terindikasi bermasalah, sudah baik jika tidak diloloskan menjadi Capim KPK. Daripada menjadi polemik," kata Marzuki.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024