KPK Tak Hadir, Rapat Banggar DPR Bisa Ditunda

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi dipastikan tidak hadir dalam rapat konsultasi dengan DPR hari ini. Dalam rapat yang digelar pimpinan dewan itu, rencananya akan hadir juga pimpinan Badan Anggaran. Sebagaimana luas diberitakan dua pekan belakangan, hubungan KPK dengan Badan Anggaran itu kian panas.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24

KPK memeriksa sejumlah pimpinan badan itu terkait kasus sejumlah kasus suap anggaran yang tengah diselidiki komisi itu. Pimpinan Badan Anggaran merasa komisi itu curiga dengan badan itu. Tapi KPK menilai bahwa mereka hanya memeriksa sejumlah orang yang tau dan terkait dengan sejumlah kasus suap yang kini sedang ditangani.

Pimpinan DPR lalu menggelar rapat kordinasi. Tapi petinggi KPK dipastikan tidak hadir dalam pertemuan itu. Lantaran KPK tidak hadir, pimpinan DPR akan rapat lagi. "Kami akan rapat pimpinan dulu, nanti baru ditentukan pimpinan," kata Ketua DPR Marzuki Alie dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Kamis 29 September 2011.

Menurut Marzuki, dirinya tidak bisa memastikan apakah rapat konsultasi dengan agenda menyamakan persepsi pembahasan RAPBN ini akan ditunda atau tetap dilangsungkan. Rapat pimpinan akan dilakukan sebelum rapat konsultasi dengan Badan Anggaran DPR digelar.

"Belum bisa diputuskan ditunda atau tidak," kata Marzuki Alie yang kini masih berada di Solo, Jawa Tengah, usai mengikuti acara Parlemen Asia.

Ketidakhadiran petinggi KPK dalam rapat yang digelar DPR itu dipastikan oleh  juru bicara KPK Johan Budi. Alasan KPK, pertama karena KPK saat ini sedang melakukan proses penyidikan dalam kasus di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Dalam kasus itu, ada empat anggota DPR yang juga pimpinan Badan Anggaran diperiksa sebagai saksi, dan karena rapat siang nanti juga menghadirkan Badan Anggaran," kata Johan saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 29 September 2011.

KPK sudah melayangkan surat resmi kepada pimpinan DPR soal ketidakhadiran itu. Alasan kedua, KPK ingin menjaga kehormatan dan kredibilitas DPR maupun KPK sendiri. "Karena itu dalam surat kemarin dpimpinaisebutkan bahwa KPK meminta pemahaman pimpinan DPR alasan KPK tidak menghadiri rapat konsiltasi itu," jelas Johan.

Ini merupakan rapat konsultasi kedua yang batal dilaksanakan. Rapat pertama sedianya dilakukan pada Selasa lalu. Kemarin, dua pimpinan Badan Anggaran DPR, Tamsil Linrung dan Olly Dondokambey, tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi.

5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024