Marzuki Alie: KPK Jangan Alergi Kritik

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, menilai wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak realistis untuk saat ini. Meski demikian, KPK menurut dia, adalah lembaga pemerintah yang tidak mungkin tanpa kritik.

"Kami ingin KPK dapat memenuhi harapan masyarakat. Pemahaman kritik KPK ini harus dilihat jangan seolah-olah KPK anti kritik," kata Marzuki dalam diskusi bertajuk 'Realistiskah KPK dibubarkan saat ini' di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta. Minggu, 9 Oktober 2011.

Marzuki menambahkan, KPK merupakan lembaga yang dipimpin manusia yang tidak mungkin lepas dari kritik. "Manusia tidak ada yang sempurna oleh karena itu perlu kritik," imbuhnya.

Sementara itu, terkait penyataan Wakil Ketua Komisi III DPR, Fahri Hamzah, Marzuki menilai, jika maksud Fahri adalah tidak ada lembaga yang tidak ada pengawasnya, tak terkecuali KPK.

"Kalau tidak ada pengawas jadi lupa diri, arogan, maka perlu pengawas. Bagaimana pengawasannya ini yang kita pikirkan," ujarnya.

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Riyanto, mengatakan KPK tidak perlu dibubarkan dalam kondisi saat ini. "KPK tidak mungkin dibubarkan sekarang, KPK harus ada," kata Bibit.

Menurut Bibit, wabah korupsi di Indonesia masih marak hingga ke berbagai lapisan masyarakat. KPK, kata Bibit, dibentuk agar aparat penegak hukum bersih dari korupsi.

"Sumber-sumber korupsi harus ditutup agar bangsa ini selamat dari bencana korupsi," ujarnya.

Meski demikian, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan ini menyatakan KPK bisa dibubarkan jika aparat penegak hukum lain memenuhi 'persyaratan' dalam menegakkan hukum. "Kalau aparat penegak hukum lain sudah bersih dari korupsi (KPK bisa dibubarkan)," imbuhnya. (art)

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa militerĀ Israel siap berperang dengan segala kekuatan yang mereka miliki dan tak takut dengan ancaman Amerika.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024