Demokrat: Hasil Survei LSI Jadi Cambuk

Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri (kiri) dan Ketum Partai Demokrat (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Farras

VIVAnews - Partai Demokrat menilai hasil jajak pendapat dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA itu sebagai bahan evaluasi. Demokrat tidak pernah alergi dengan hasil survei.

"Survei adalah rekam jejak masyarakat pada saat itu. Kami tidak pernah alergi terhadap hasil survei apapun. Survei itu produk ilmu pengetahuan, kami hargai," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, kepada VIVAnews.com.

Menurut Ramadhan, hasil survei merupakan cerminan apa yang ada di benak masyarakat. Apapun hasil survei, dapat menjadi cambuk bagi Partai Demokrat untuk menjadi lebih baik lagi.

"Kami masih punya waktu tiga tahun ke depan. Kami percaya, Demokrat masih terdepan. Kami yakin, 2014 nanti kepercayaan rakyat terhadap kami masih tinggi seperti 2009 lalu," kata anggota Komisi II DPR Bidang Pemerintahan ini.

Demokrat juga tidak mempermasalahkan bila nama-nama kader yang disebut sebagai calon presiden kalah populer dibanding kandidat lain. Demokrat belum fokus untuk pencapresan. Persiapan capres akan digodok pada 2013.

"Kami memikirkan capres pada penghujung 2013. Tidak sekarang. Kalau misalkan ada nama lain, silakan. Kami tidak latah atau bersedih, biasa saja," ujar Ramadhan.

Kemarin, LSI menggelar keterangan pers hasil dukungan kepada Partai Demokrat dan kompetitor. Hasil survei, dukungan rakyat untuk Demokrat terus melemah. Dukungan publik terhadap partai Demokrat merosot tajam.

Survei LSI sendiri diadakan pada 5-10 Oktober 2011 di 33 provinsi. Jumlah responden adalah 1200, dipilih berdasarkan multi stage random sampling dengan wawancara secara tatap muka.

Sementara margin of error mencapai 2,9 persen. Sebagai pelengkap data, LSI melengkapi survei dengan riset kualitatif berupa focus group discussion, wawancara mendalam dan analisis media.

Dari data dari LSI pada Januari 2010 partai demokrat mendapat dukungan 32,6 persen sedangkan pada Oktober 2011 terjun menjadi 16,5 persen. Sementara partai kompetitor terus menguat.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024