Marciano untuk Perkuat Dukungan Militer?

Kepala BIN Marciano Norman
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI Marciano Norman, ditunjuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia membantah, dirinya diberi tugas khusus sebagai Kepala BIN yakni, mengamankan pemerintahan SBY sampai 2014.  "Saya belum mendengar. Terus saya [belum] dilantik jadi Kepala BIN," katanya seusai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 18 Oktober 2011.

Dia menegaskan, hanya akan fokus pada tugas yang akan diberikan oleh Presiden sebagai Kepala BIN.

Walau begitu, dia tidak pungkiri ada kedekatan dirinya dengan Presiden SBY. Sebagai sesama perwira TNI, kata Marciano, tentu memiliki visi yang sama dalam membangun negara.

"Saya komandan pasukan pengamanan presiden dan prajurit TNI. Sementara, Pak SBY itu panglima tertinggi TNI. Dan saya ada sama di kesatuan beliau, sebagai prajurit TNI," ungkapnya.

Koordinator Kontras, Haris Azar menilai, pengangkatan Kepala BIN dari militer memiliki dua maksud.

Pertama, Presiden SBY ingin memperkuat penanganan terorisme dikawal oleh militer lewat BIN. Kedua, penunjukan itu juga bagian strategi politik SBY untuk memperkuat dukungan dari militer.

"Disini, secara tidak langsung, merupakan bentuk ketidakpercayaan terhadap polisi," kata Haris dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews.com, Selasa 18 Oktober 2011.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024