Menkopolhukam: SBY Tak Berniat Zalimi Fadel

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menegaskan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sama sekali tidak bermaksud menzalimi mantan Menteri Kelautan dan Merikanan Fadel Muhammad.

Pencopotan Fadel dari jabatannya, kata Djoko, didasarkan pada penilaian yang obyektif. “Tidak ada dizalimi. Hanya diganti saja. Kalau dizalimi, kenapa yang lain tidak?” kata Djoko Suyanto usai pelantikan menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Menurut Djoko, penilaian atas menteri-menteri telah dilakukan sejak lama, termasuk terhadap Fadel. “Tidak ada yang last minute,” kata dia. Lantas, apa pertimbangan SBY untuk mencopot Fadel dan menggantinya dengan Sharif Cicip Sutardjo?

“Presiden kan selalu evaluasi, ya macam-macam pertimbangannya, up to the president,” kata Djoko. Apakah pencopotan Fadel salah satunya karena konflik terkait impor garam? “Tidak spesifik ke situ. Yang jelas, tidak ia dizalimi,” katanya.

Sebelumnya, Fadel mengaku baru tahu dirinya dicopot dari kabinet, hanya 5 menit sebelum SBY mengumumkan hasil reshuffle, Selasa malam 18 Oktober 2011 kemarin. “Pukul 15.30 sore, saya ditelepon Mensesneg Sudi Silalahi dan diberitahu, saya tetap Menteri Perikanan. Eh, tiba-tiba pukul 20.00 kurang 5 menit, saya ditelepon lagi oleh Pak Sudi. Dia mengatakan ada surat,” tutur Fadel.

Menurutnya, Presiden SBY sama sekali tidak memberi tahu dirinya secara langsung soal pencopotannya dari kursi menteri. “Sama sekali tidak,” imbuh mantan Gubernur Gorontalo itu. Kini, posisi Fadel di Kementerian Kelautan dan Perikanan digantikan oleh rekan separtainya, Wakil Ketua Umum Golkar Sharif Cicip Sutardjo.

Pejabat Kementan Ungkap Pernah Buat Perjalanan Dinas Fiktif Atas Perintah SYL
IKN Nusantara.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Menurut Sestama BIN tersebut, sinergitas dan kolaborasi kedua institusi sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi adanya perubahan lingkungan stratejik yang semakin kompleks.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024