Survei JSI

PDIP: Survei Bagus, Megawati Bisa Maju Lagi

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Antara/ Andika Betha

VIVAnews – Survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) menempatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada posisi tertinggi calon presiden yang dipilih publik, apabila Pemilu Presiden digelar saat ini. Elektabilitas Megawati berdasarkan survei tersebut mencapai 19,6 persen.

Ketua Dewan Pengurus Pusat PDIP, Maruarar Sirait, menyatakan bahwa hasil survei itu merupakan indikator positif bagi PDIP dan Megawati. “PDIP tidak akan memaksa Ibu Mega untuk maju pada Pilpres 2014 kalau menurut survei tidak bagus. Tapi kalau survei bagus, kesehatan oke, dan faktor internal mendukung, maka tak ada alasan untuk tidak maju,” kata Maruarar di Jakarta, Minggu 23 Oktober 2011.

Pria yang akrab disapa Ara itu menuturkan, PDIP memegang prinsip mengalir bak air. “Tidak ada yang bisa melarang atau memaksa Ibu Mega untuk maju,” ujarnya. Namun Ara menilai, akan lebih menarik jika nantinya ada survei untuk menilai tokoh-tokoh yang berpotensi maju menjadi presiden, berpasangan dengan tokoh-tokoh yang juga berpotensi menjadi wakil presiden.

“Bagaimana misalnya kalau Ibu Mega didampingi Jusuf Kalla. Itu perlu disurvei juga,” kata diae Sementara soal usia Megawati yang tidak bisa dibilang muda lagi, Ara berpendapat bahwa hal itu bukan faktor terpenting. “Politisi muda yang bermasalah juga cukup tinggi. Jadi ini bukan soal muda atau tidak muda, tapi soal integritas,” tegasnya.

Anggota Komisi XI DPR itu menambahkan, fisik Megawati sendiri saat ini masih cukup bagus. “Ibu sering bepergian. Dia kuat 5 jam naik bus, naik kapal laut. Pagi-malam ada acara. Jadi, masih sangat kuat dari segi kesehatan,” kata Ara.

Megawati menmperoleh elektabilitas tertinggi berdasarkan survei JSI, karena pada pilpres mendatang Susilo Bambang Yudhoyono sudah tidak dapat mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Masa jabatan SBY sebagai presiden, sesuai konstitusi, dibatasi hanya untuk dua periode.

Survei JSI yang bertema ‘Evaluasi Dua Tahun Pemerintahan SBY dan Preferensi Pilihan Parpol dan Presiden’ itu digelar selama 6 hari, yakni tanggal 10-15 Oktober 2011, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka langsung, menggunakan questioner. Margin of error sebanyak 2,9 persen.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!
Pabrik GAC Aion / perakitan mobil

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dalam kurun waktu singkat, perusahaan berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmennya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024