Akbar Tanjung: Ical Penuhi Syarat Jadi Capres

Akbar Tandjung dan Aburizal Bakrie
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie layak maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang. Menurut Akbar, Aburizal mempunyai pengalaman dalam dunia politik, pemerintahan, dan dunia usaha.

“Dalam pemerintah, beliau pernah menjadi menteri. Jadi saya kira dari segi persyaratan-persyaratan formal, itu cukup. Tinggal sejauh mana mendapatkan elektabilitas yang tinggi dari masyarakat, karena itu yang akan menentukan. Dan tentu harus melalui suatu mekanisme partai,” kata Akbar usai usai acara TMT Production ‘Indonesia Rumah Kita’ di Hotel Nikko, Jakarta, Rabu 26 Oktober 2011.

Golkar sendiri, kata Akbar, sampai saat ini belum pernah berbicara secara resmi mengenai rekruitmen calon presiden. “Yang disebut-sebut pasti ada. Pak Ical hampir setiap hari disebut-sebut. Tapi kalau dikatakan sudah final, itu belum,” ujar mantan Ketua DPR itu.

“Kami akan ambil yang terbaik, yang memiliki probabilitas untuk mendapat dukungan suara yang baik, dan memiliki elektabilitas  yang cukup tinggi,” papar Akbar. Ia menambahkan, Golkar juga belum menentukan metode apa yang akan mereka gunakan untuk menyeleksi calon presiden 2014.

Selama ini, terang Akbar, Golkar menggunakan metode survei untuk pilkada. Dengan survei itu, Golkar ingin mengetahui sejauh mana pengenalan masyarakat terhadap sosok calon, sejauh mana masyarakat menyukai calon itu, dan sejauh mana masyarakat ingin memilih calon itu. “Itu yang namanya elektabilitas,” kata Akbar.

Ia menambahkan, Golkar juga mempunyai metode konvensi. “Untuk capres Golkar ke depan, bisa saja dengan menggunakan salah satu atau gabungan dari kedua metode itu. Tapi tentu itu semua terserah kepada jajaran pengurus Partai Golkar, terutama yang hari ini sedang melakukan Rapimnas untuk menentukan bagaimana cara terbaik menetapkan capres 2014,” tutur Akbar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono meyakini partainya akan mengusung Aburizal sebagai kandidat presiden 2014. “Apakah tahun ini Golkar akan mengumumkan calon presiden atau tidak, saya belum tahu persis. Tapi saya yakin, Golkar pasti akan mengusung Pak Aburizal sebagai kandidat presiden,” tegasnya. (eh)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024