Partai Karya Perjuangan Jadi Sayap Demokrat

Jackson Kumaat
Sumber :
  • Dok pribadi

VIVAnews - Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) bergabung ke Partai Demokrat. Partai yang pada Pemilu 2009 tidak lolos ambang parlemen itu akan menjadi sayap partai pemenang Pemilu 2009 itu.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Sekretaris Jenderal Pakar Pangan, Jackson Kumaat, mengungkapkan, keputusan bergabung dengan Demokrat itu  merupakan keinginan Rapat Pimpinan Nasional Pakar Pangan. Menurutnya, kalkulasi realistis pengalaman tidak lolos ambang parlemen harus bergabung dengan partai yang lebih besar. Apalagi, revisi UU Pemilu yang sedang digodok DPR saat ini mengindikasikan peningkatan angka ambang parlemen.                                    

"Dalam rangka menyikapi Undang-undang Pemilu, Undang-undang Partai Politik, Pakar Pangan melakukan studi. Kesimpulannya kami harus bergabung dengan partai besar, karena pemerintah ingin menyederhanakan parpol," kata Jackson ketika dihubungi, Senin 7 November 2011.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Menurutnya, pembicaraan pihaknya dengan Demokrat sudah intensif dan menemukan titik temu. "Terakhir pertemuan dengan Anas, sudah ada arahan dari Pak SBY untuk melanjutkan pakar pangan menjadi sayap partai Demokrat," katanya. "Kita jadi sayap seperti MKGR dan SOKSI kalau di Golkar."

Menurut dia, setelah menjadi sayap Demokrat, Pakar Pangan bertugas fokus di buruh, tani dan nelayan. "Nanti namanya Pakar Pangan setelah menjadi organisasi sayap Demokrat menjadi Bakti Karya Perjuangan Demokrat," ujarnya.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Sebelumnya, Ketua umum Partai demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan, sudah ada pembicaraan intensif tentang koalisi yang akan dibangun oleh Demokrat dan Pakar Pangan. Menurutnya, akan ada pola kerjasama kedua belah pihak yang saling menguntungkan, demi kemajuan bangsa dan demokrasi di Indonesia.

“Sudah ada komunikasi intensif antara kedua belah pihak dan diharapkan ada kerjasama yang tepat dan baik bagi partai Demokrat dan Pakar Pangan,” kata Anas, kemarin.

Menurutnya, Pakar Pangan nantinya fokus pada program meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan,  yang selama ini masih berada di garis kemiskinan. “Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian serius dari Partai Demokrat adalah sektor pertanian dan nelayan, yang harus ditingkatkan kesejahteraannya,” ujar Anas.

Menurut Anas, pada waktunya nanti akan diumumkan, tentang kerjasama yang akan dijalin kedua belah pihak,  termasuk sektor yang akan digarap. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya