Krisis Ekonomi Bisa Tumbangkan Kekuasaan

Ketua Komite Bangkit Indonesia Rizal Ramli.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Krisis ekonomi yang menyapu kawasan Eropa membuat sejumlah pemimpin politik di sana terpental dari kekuasaan. Setelah George Papandreou kehilangan kursi perdana menteri Yunani, giliran Silvio Berlusconi yang terpaksa mundur dari jabatan perdana menteri Italia.

Jabatannya Dicopot, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Kepala Bea Cukai Ini

Berlusconi adalah orang kuat dalam politik Italia. Memiliki hampir segalanya yang diperlukan seorang pemimpin pemerintahan. Uang dan dukungan media massa yang kuat. Tapi semua yang dimilikinya itu tidak mampu menolongnya dari kursi kekuasaan. Utang negeri arak anggur itu terlampau menjulang. Dan Berlusconi terpaksa pamit.

"Krisis ekonomi bisa menjatuhkan sebuah rezim yang berkuasa," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, yang dalam diskusi 'Krisis Ekonomi dan Jatuhnya Pemimpin', yang digelar di Rumah Perubahan 2.0 di Jakarta Pusat, Selasa, 15 November 2011. Sebabnya, lanjut Fadli, pemimpin tidak bisa lagi mengatasi krisis. 

Bukan cuma di Eropa, kasus serupa juga terjadi di Indonesia, pada 1997. Soeharto yang telah berkuasa selama 30 tahun akhirnya terpental dari kursi presiden, di tengah krisis ekonomi yang berdampak luar biasa bagi kehidupan rakyat.

Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, juga sependapat bahwa krisis ekonomi sangat berpotensi menumbangkan kekuasaan, menumbangkan pemimpin suatu bangsa. Dalam kondisi sulit, tingkat kepercayaan masyarakat cenderung semakin turun sehingga desakan memiliki pemimpin baru selalu tumbuh dengan harapan membawa perubahan dan menyelamatkan bangsa dari krisis berkepanjangan.

Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti, mengingatkan pemerintah waspada dengan fenomena ini. Bukan semata-mata kesejahteraan masyarakat yang mungkin terimbas krisis global, tapi juga penurunan tingkat kepercayaan publik akibat berbagai kasus korupsi yang tak kunjung tuntas.

Pemerintah Indonesia harus segera berbenah di tengah krisis ekonomi yang menyergap kawasan Amerika dan Eropa. "Kedua kawasan itu menjadi pasar utama ekspor Indonesia. Ditambah beratnya beban hidup serta korupsi yang sistemik dan masif berpotensi menurunkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah," Rizal menambahkan. 

Rosdiana, wali murid korban meninggal kecelakaan SMK Lingga Kencana

Wali Murid Ungkap Perpisahan SMK Lingga Kencana Biasanya Digelar Dekat Sekolah

Wali murid mengungkapkan kalau acara perpisahan sekolah di SMK Lingga Kencana baru tahun ini digelar di luar kota. Tahun-tahun sebelumnya, acara hanya digelar di dekat se

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024