Puan: Siapa Capres PDIP Terserah Mega

Megawati Soekarnoputri dan anaknya, Puan Maharani.
Sumber :
  • Antara/ Andika Betha

VIVAnews - Ketua Pelaksana Rakernas PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan bahwa para kader dan pengurus partai di daerah telah memberikan pandangan umum dan menyatakan siap memenangkan pemilu 2014.

"Semua DPD telah menyatakan siap melakukan konsolidasi untuk memenangkan partai pada pemilu tahun 2014," ujar Puan di arena Rakernas I PDI Perjuangan di Hotel Harris, Bandung, Selasa 13 Desember 2011.

Sebanyak 33 DPD dan 71 DPC Pelopor yang tersebar di seluruh nusantara, menurut Puan, akan melaksanakan berbagai program demi upaya pemenangan pemilu tersebut.

Soal calon presiden yang akan diusung oleh partainya, menurut Puan, hal itu telah disepakati untuk tidak dipolemikkan. Oleh karena itu, penentuan siapa capres yang akan diusung diserahkan kepada Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan yang diberikan kewenangan untuk itu sesuai amanat Kongres III di Bali pada 2010 lalu.

"Jadi kami serahkan soal capres itu itu kepada Ketua Umum. Siapapun itu yang akan diusung untuk maju nanti ke pesta demokrasi 2014 adalah wewenang Ketua Umum. Kami tak akan polemikkan karena siapapun itu pasti adalah kader terbaik," kata Puan.

Mengenai keinginan mengembalikan sistem pemilu kepada mekanisme nomor urut daftar caleg yang sepenuhnya ditentukan partai, atau sistem proporsional tertutup, Puan menyatakan Fraksi PDI Perjuangan akan memperjuangkan hal tersebut dalam pembahasan RUU Pemilu.

"Kami dukung sistem pemilu proporsional tertutup dan kami akan perjuangkan itu," katanya. (kd)

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”
Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan rencana pertemuan dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto masih menunggu waktu yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024