Amir: Sikap Anggota DPR Buat Saya Bingung

Amir Syamsuddin dan Patrialis Akbar saat serah terima jabatan Menteri Hukum
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews -- Rapat kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsuddin soal moratorium remisi dan pembebasan bersyarat dilanjutkan. Kali ini tanpa kehadiran Wamenkumham, Denny Indrayana.

Dalam paparannya di hadapan Komisi Hukum, Amir mengaku terkejut dengan dinamika yang terjadi pekan lalu. "Sebetulnya ada usul yang sangat bagus yaitu agar diberi kesempatan ke pemerintah untuk mengkaji ulang dan bagaimana menyempurnakan peraturan-peraturan pelaksanaan dari UU No 12 Tahun 1995," kata Amir di Gedung Dewan, Rabu 14 Desember 2011.

Namun, dia menambahkan, dinamika yang berkembang, usulan itu tak mendapat sambutan. "Tapi menukik langsung dan terus-menerus ke kebijakan pengetatan remisi," kata politisi Demokrat itu.

Soal rencana interpelasi sejumlah anggota Dewan, Amir mengaku, tak berada dalam posisi menilai. "Saya hormati hal itu. Hanya saja, saya lebih banyak menyontek aspirasi, kata-kata ucapan yang dikemukakan anggota dewan, sebelum saya menjadi Menkumham, saat jadi rakyat biasa." Itulah, dia menambahkan, yang dia terjemahkan dalam kebijakannya.

Jika saat ini Komisi III menggunakan haknya untuk interpelasi atau meminta penjelasan, dia belum sempat melakukan kajian. Sebab, rapat yang lalu tak menyimpulkan bahwa Menkumham harus melakukan kajian. "Kalau menjawab soal hak interpelasi, mencabut kebijakan, itu sangat sulit saya berikan jawabannya."

Amir pun bertanya-tanya dengan sikap anggota dewan. Saat Menkumham, Patrialis Akbar memberikan hak remisi 17 Agustus 2011, dipersoalkan. "Kemudian teman-teman yang sama mempermasalahkan pengetatan yang saya lakukan," kata dia. "Itulah yang membuat situasi saya bingung dan bertanya-tanya."

Amiar menambahkan, kebingungan dan pertanyaannya tak bermaksud membuat rapat kerja menjadi rumit dan tak jelas arahnya. "Saya ingin bertanya, mana kala bulan Agustus 2011 kemudahan hak-hak remisi yang diberikan dipersoalkan, diserang dan dikritik, kenapa kemudian 6 bulan sesudah itu keadaan menjadi sebaliknya." (eh)

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya
Rizky Nazar

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Aktor Rizky Nazar saat ini tengah ramai diperbincangkan lantaran hubungan asmaranya dengan Syifa Hadju dikabarkan tengah retak yang disebabkan oleh dugaan orang ketiga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024