Demokrat Bantah Setoran Petinggi Rp25 M

Politisi Demokrat Saan Mustofa (kanan) & Politisi PAN Laurens Bahang Dama
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Partai Demokrat membantah ada dana miliaran rupiah dari kader kepada partai. Demokrat menegaskan bahwa dana yang masuk ke partai semuanya sudah sesuai undang-undang.

"Itu tidak benar. Tidak pernah ada sumbangan seperti itu ke partai. Pendapatan atau masukan ke partai itu sudah sesuai undang-undang," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustofa, di gedung DPR, Jakarta, Kamis 14 Desember 2011.

Menurut Saan, pemberitaan yang menyebut ada sumbangan total Rp25,6 miliar dari kader ke partai itu tidak benar. Sumbangan itu disebut-sebut berasal dari petinggi partai. Bagi Saan yang perlu diperhatikan adalah soal aturan pendanaan partai.

Selama ini, kata Saan, aturan pendanaan partai menjadi bagian yang diselipkan dalam Undang-undang Partai Politik. "Sebaiknya untuk ke depan itu dipisahkan. Supaya tidak jadi persoalan. Jadi nanti di situ mengatur sumber dana dan pengeluaran partai," ujar Saan yang juga Sekretaris Fraksi Demokrat ini.

Usai sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi kemarin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, tidak membantah telah menyetor Rp13 miliar kepada partai. "Saya sudah laporkan itu," kata Nazaruddin usai sidang kemarin.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok, juga mengatakan hal senada. Mubarok menyebut sumbangan pengurus inti partai pada periode lalu mencapai Rp100 juta per tahun, per orang.

"Pengurus inti saat itu sumbangannya Rp100 juta per tahun, per orang. Tapi karena saya tidak punya uang, saya dibayarin oleh teman-teman. Saya hanya terima kuitansinya," kata Mubarok. (umi)

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal
Pratama Arhan dan Azizah Salsha berpelukan

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U23 2024 pada Jumat 26 April dini hari, Pratama Arhan dan Azizah Salsha menampilkan momen kemesraan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024