SBY: Suhu Politik Menghangat, Jangan Cemas

SBY-Boediono bersama ketua parpol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemilihan Presiden masih dua setengah tahun lagi, tapi nama-nama kandidat sudah beredar.  Aksi partai politik, juga kelompok yang mendukung para kandidat itu bakal kian intensif tahun 2012 ini. Itu sebabnya tahun ini politik nasional diduga bakal memanas.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  menegaskan agar jajaran pemerintahan tidak terganggu dengan suasana politik yang mulai menghangat itu. "Suhu politik menghangat itu wajar. Tidak usah cemas," kata Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis 5 Januari 2012.

SBY mengingatkan bahwa partai-partai politik, baik yang ada dalam koalisi maupun tidak, tentu sudah mulai "pemanasan." Pemanasan politik menjelang perhelatan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden 2014 adalah hal biasa saja. 

SBY mengingatkan khususnya kepada jajaran pemerintahan agar tidak terganggu konsentrasinya seiring naiknya suhu politik. SBY meminta agar seluruh jajaran pemerintah terus berkonsentrasi menjalankan amanah dan tugas-tugas negara.

"Jajaran pemerintah terus bergiat, konsentrasi bersama bangun negeri ini lebih baik," kata SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.  Sekalipun ekskalasi persaingan politik semakin meningkat, katanya,  stabilitas harus tetap dijaga. Meski kompetisi politik agak keras, jaga situasi nasional tetap stabil.

Seperti diketahui, sejumlah nama yang digadang sebagai calon presiden antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan kandidat dari Partai Demokrat Ani Yudhoyono.

Sedangkan beberapa nama yang disebut sebagai calon wakil presiden antara lain, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Walikota Solo Joko Widodo.

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024