KPU & Bawaslu 'Incumbent' Lolos Tes Awal

Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Sejumlah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lama lolos seleksi administrasi menjadi anggota KPU dan Bawaslu.

Mereka adalah I Gusti Putu Artha, Saut Hamonangan Sirait, dan Bambang Eka Cahya Widodo. Menurut anggota tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu, Ramlan Surbakti, 106 orang dinyatakan lulus administrasi sebagai anggota KPU dan 61 orang lolos untuk Bawaslu.

"Anda bisa lihat kan namanya. Kami tidak membuat kategorisasi mana yang KPU atau tidak," kata anggota tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu, Ramlan Surbakti di Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Selasa 10 Januari 2012.

Para calon anggota yang lolos seleksi administasi berhak mengikuti seleksi tahap dua meliputi tertulis tertulis, tes psikologi, dan tes kesehatan pada 17 Januari mendatang.

Dia menambahkan komisioner lama KPU memang diperbolehkan untuk mengikuti seleksi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu untuk kedua kalinya. Sebab, tidak ada ketentuan yang melarang hal tersebut. "Asal dia memenuhi persyaratan, dokumennya lengkap, dan punya pengalaman mengenai pemilu," kata dia.

Sebelumnya, seleksi anggota KPU dan Bawaslu ini sempat diwarnai pro dan kontra setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa anggota Komisi Pemilihan Umum mendatang tidak boleh aktif di partai politik selama lima tahun ke belakang. Tapi, dalam putusan ini, tidak disebutkan ada larangan bagi calon 'incumbent.'

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Partai-partai kecewa putusan MK ini. Namun, MK meminta DPR tidak emosi dalam menanggapi keputusan tersebut. (adi)

Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024