Soekarwo Dilirik Gerindra Dampingi Prabowo

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Prabowo Subianto sedang mencari calon pendamping dalam Pemilu Presiden 2014 mendatang. Sejumlah nama disebut-sebut, termasuk, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

"Usulan ini datang dari beberapa DPD Gerindra, termasuk Jatim. Beliau layak berjuang dan masuk di kancah politik nasional," kata Ketua DPD
Partai Gerindra Jatim Soepriyanto di Surabaya Sabtu, 28 Januari 2012.

Menurutnya, kemampuan Soekarwo sudah terukur dengan tiga tahun memimpin Jatim. Dan, mumpuni untuk disandingkan bersama Prabowo. Meski, secara resmi Gerindra belum memiliki sikap resmi, siapa yang bakal menjadi pasangan Prabowo untuk calon wakil presiden.

"Kami sudah melakukan survei dan meranking nama-nama tokoh yang dianggap layak menjadi pendamping Prabowo. Selain Soekarwo ada juga nama Mahfud MD, Sri Mulyani dan Puan Maharani," lanjut Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut.

Dari daftar rangking calon wakil presiden, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia sekaligus mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani menempati urutan pertama dengan 7,4 persen. Disusul oleh Ketua Mahkamah, Mahfud MD Konstitusi dengan perolehan 7,2 persen.

Dikatakan, kondisi itu belum final, masih ada mekanisme partai yang harus dilalui. Peluang Mahfud MD cukup besar karena beliau sampai sekarang belum tertimpa masalah dan berbeda dengan Sri Mulyani yang sempat dianggap tersandung persoalan," tuturnya.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Siap Diusung

Sementara itu, Prabowo Subianto akan resmi dikenalkan ke publik sebagai calon presiden dalam deklarasi yang digelar 12 Februari 2012 di Jakarta. Soepriyanto mengatakan mayoritas DPD Gerindra se-Indonesia sepakat dan bulat mengusung Prabowo.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

"Apalagi survei beliau cukup tinggi. Dari tiga survei yang kami amati, nama Prabowo unggul dibandingkan lainnya dengan perolehan 36 persen. Pokoknya tidak ada lawan-lah dibanding tokoh-tokoh lainnya," tukas Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu.

Supriyanto mengaku partainya masih berada di empat besar dengan perolehan 11,2 persen. Pihaknya yakin sekitar dua tahun ke depan bisa merubah menjadi lebih baik dan meraih suara dua digit angka. (ren)

Dok. Istimewa

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

PDIP menggelar rapat konsolidasi pemenangan untuk menghadapi Pilkada 2024. Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024