Demokrat Jateng Minta DPP Bersikap Soal Anas

Ketua Umum Partai demokrat Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Tengah, Sukawi Sutarip, meminta Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat menyelamatkan partai sekaligus menegaskan sikap soal isu pelengseran Anas Urbaningrum dari jabatannya sebagai Ketua Umum Demokrat.

“Yang paling tahu situasi di Demokrat adalah beliau-beliau yang berada di pusat. Mereka yang bisa menyelamatkan partai. Tentu saja dengan tidak mengecilkan peran akar rumput yang memiliki pendapat sendiri,” kata Sukawi di Semarang kepada VIVAnews, Rabu 1 Februari 2012.

Sukawi menyatakan, sebagai sebuah partai politik, Demokrat sesungguhnya sudah memiliki mekanisme internal untuk menyikapi dinamika partai. Menurutnya, langkah paling baik yang dapat dilakukan Demokrat Jawa Tengah saat ini adalah menunggu kejelasan sikap DPP sebagai pihak yang paling mengetahui persoalan yang melanda partai.

Sebelumnya, sejumlah ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat di Jawa Tengah menggelar pertemuan di Hotel Quality, Yogyakarta, untuk menyatakan penolakan terhadap pelengseran Anas Urbaningrum selaku Ketua Partai Demokrat.

Sekitar 25 DPC dari total 30 Ketua DPC Partai Demokrat Jawa Tengah hadir dalam pertemuan tersebut, di antaranya Ketua DPC Klaten, Temanggung, Purworejo, Banyumas, Sragen, Blora, Grobogan, Semarang, dan Kendal. “Kami tidak mendukung wacana penonaktifan maupun Kongres Luar Biasa yang sedang ramai diberitakan,” kata Ketua DPC Demokrat Purworejo, Abdullah, Selasa malam.

Melalui pertemuan itu, mereka juga sekaligus membantah ucapan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Danny Sriyanto, yang mengatakan Anas Urbaningrum harus nonaktif dari jabatannya di partai. Ke-25 ketua DPC Partai Demokrat Jawa Tengah menegaskan, pernyataan Danny itu tidak mencerminkan aspirasi dan situasi Partai Demokrat Jateng.

Ketua DPD Demokrat Jawa Tengah, Sukawi, meminta seluruh DPC Partai Demokrat di Jawa Tengah tetap solid menanggapi rumor pelengseran Anas. Ia juga meminta kepada pengurus DPD Demokrat untuk memberi ketenangan kepada jajaran pengurus dan kader-kader Demokrat di bawah mereka.

“Mereka merasa ikut memiliki partai, jadi ingin turut serta membantu dalam menghadapi dinamika partai. Di sisi lain, DPP harus responsif terhadap semua suara akar rumput,” kata Sukawi.

Pengurus inti DPP Demokrat sendiri kemarin menggelar pertemuan dipimpin langsung oleh sang ketua umum, Anas Urbaningrum, didampingi Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Ada enam poin yang dihasilkan dalam rapat tersebut, salah satunya menjaga soliditas partai dalam menjalankan seluruh agenda partai. (umi)

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024