Reformasi Terancam Gagal

Demonstrasi kenaikan BBM di Medan
Sumber :
  • ANTARA/ Irsan Mulyadi

VIVAnews -  Budayawan Radhar Panca Dahana menilai reformasi yang telah diraih bangsa Indonesia selama 14 telah gagal. Sebabnya, reformasi yang terjadi saat ini hanya mensejahterakan kaum elit.

"Saya kira, kita harus menilai secara komprehensif, sejak kita reformasi, memang ada beberapa kemajuan dari sisi ekonomi, dimana kita menjadi negera yang kuat di wilayah Eropa," kata Radhar, dalam acara diskusi Kebangkitan Nasional Terancam, di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu, 19 Mei 2012.

Kendati ada kemajuan di bidang ekonomi, Radhar mengungkapkan, bangsa Indonesia masih memiliki kelemahan dalam mensejahterakan publik. "Kita harus akui, bahwa ekonomi kita tidak merata, di daerah pedalaman, banyak masyarakat yang hanya makan gaplek setiap harinya, ini artinya kesuksesan reformasi tidak berhasil mensejahterakan publik," tegasnya

Menurut Radhar, sistem reformasi hanya sebuah sistem untuk masuknya para tokoh elit politik. "Saat ini reformasi, ternyata hanya sebuah sistem, untuk masuknya para tokoh elit politik, artinya apakah dia benar-benar sudah berhasil menciptkan sistem untuk menyejaterakan publik," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ekonom Yanuar Rizky, bahwa reformasi 14 tahun yang lalu, berbeda dengan reformasi saat ini.

"Orang bilang, lebih enak zaman Suharto, makan ga makan asal kumpul, tapikan kita harus tahu bahwa pada zaman itu, nilai tukar kita terancam, sehingga merembet juga ke nilai tukar," kata Yanuar Rizky.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024