Sejumlah Parpol Bantah Pencitraan di Lokasi Banjir

Korban Banjir Mengungsi di Halte Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sejumlah partai politik ramai-ramai memberikan bantuan bagi korban banjir di Jakarta. Dari mulai membuka posko banjir hingga memberikan bantuan secara langsung.

"Kami siapkan dapur umum untuk menyiapkan nasi bungkus," kata Ketua Badan Penyaluran Bencana (Baguna) DPP PDI Perjuangan Dolfie OVP, Jumat 18 Januari 2013.

Namun, mereka tidak ingin bantuan itu dipandang sebagai ajang pencitraan politik.

Menurut Dolfie, Baguna PDIP sudah terjun sejak Rabu 16 Januari 2013 kemarin. PDIP mengaku telah memberikan bantuan di wilayah Jakarta Barat dan Kampung Melayau, Jakarta Timur.

Ketika ada yang menilai tindakan PDIP hanya pencitraan, Dolfie menyerahkan semua kepada masyarakat. Niat PDIP hanya ingin hadir di tengah masyarakat bukan ketika di Pemilu.

"Untuk kami dari PDI Perjuangan khususnya di Badan Penyaluran Bencana sudah melakukan ini dari Mentawai, Merapi, bencana di Sulawesi Utara, dan pesawat sukhoi jatuh. Kami melakukan sudah lama," kata dia.

Sementara, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Indra, juga membantah bantuan yang diberikan PKS kepada korban banjir untuk pencitraan. Sejak dulu PKS terbiasa melayani, membantu dan berbagi kepada masyarakat.

"Kepedulian PKS itu terutama kepada masyarakat kurang mampu dan di tempat korban bencana di seluruh Indonesia," kata Indra.

Hari ini, PKS yang dipimpin oleh Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, tengah mengunjungi dan menyampaikan bantuan ke korban banjir di lokasi pengungsian di SDN 03 Petamburan, dan Kecamatan Mampang Prapatan.

Sementara Partai Amanat Nasional menyediakan bantuan di Kantor DPP PAN Jalan Simatupang, Jakarta. PAN menyediakan sembako, mandi cuci kakus bergerak, obat-obatan, pakaian layak pakai, kebutuhan bayi hingga wanita.

"Ini sejak dua hari lalu. Diantar juga ke titik lokasi banjir," kata Wasekjen DPP PAN, Teguh Juwarno.

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Arwani Tohmafi mengaku partainya sudah membantu korban banjir di sekitar Jatinegara sejak beberapa hari lalu. "Makanan, yang sempat saya tahu di sekitar Jatinegara," ucapnya.

Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin juga mengatakan hal serupa. Meski Saleh tak menjawab di mana saja tempat bantuan diberikan.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Marwan Jaffar mengatakan, kader wanitanya sudah terjun ke lapangan. "Ibu-ibu PKB mengadakan posko hari ini," ujar dia. (umi)

Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri
Dua tersangka dalam dugaan kasus tewasnya remaja 16 tahun di hotel Jaksel

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Polisi telah berhasil mencokok dua orang pelaku pembunuhan dengan mencekoki obat ekstasti inex hingga memberikan minuman dicampuri sabu. Kedua remaja itu berinisial AN al

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024