Calon Kapolri Jadi Tersangka, Nasdem Cium Politisasi

Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- Ketua DPP Nasdem, yang juga anggota Komisi III DPR, Patrice Rio Capela menilai KPK berlebihan dan cenderung politis, dalam menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Sebab, timing penetapan itu diujung penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

"Menurut kita proses ini agak berlebihan, karena tentu suka atau tidak suka, diakui atau tidak, proses ini pasti ada politisasi," kata Patrice, di gedung DPR, Jakarta, Selasa 13 Januari 2015.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


Patrice mengendus aroma politis yang pekat karena dugaan rekening gendut mencurigakan itu sudah lama berlalu, tapi justru ditetapkan jelang penetapannya sebagai Kapolri. Budi Gunawan adalah calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo.


"Karena itu jadwal ditetapkan besok
fit and proper test,
hari ini tinjau lapangan, tanggal 15 laporan Komisi III setuju atau tidak, tiba-tiba dua hari sebelum penetapan ditetapkan KPK tersangka," kata Patrice.


Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar seorang pejabat negara.


Budi Gunawan disangka telah melanggar pasal 12 huruf a atau b, pasal 5 ayat 2, pasal 11 atau pasal 12 B UU 31 tahun 99 tentang tipikor juncto 55 ayat 1 ke 1 KUHP.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya