Pansus Pelindo II Dikritik Hanya Ajang Cari Panggung

Suasana Rapat Panitia Khusus Angket Century
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Arbi Sanit, menilaiĀ  kondisi perpolitikan di DPR saat ini sedang kacau-balau. Maka, lanjut dia, tak mengherankan DPR mengerjakan di luar tugasnya, seperti membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II.

"Ini membuktikan DPR sekarang jauh lebih buruk dari DPR sebelumnya. Anggota DPR sekarang kalibernya telah merosot," ujar Arbi di Jakarta, Selasa 27 Oktober 2015.

Menurut Arbi, karena kemampuan praktisi DPR lebih rendah maka untuk kelihatan kerja maka dengan gampang membentuk pansus seperli Pelindo II. Selain itu, pemilu menyiapkan dan tidak mempunyai calon kriteria integritas, kemampuan dan visinya.

Bagi dia, ada semacam kekacauan politik sekarang ini. PDIP yang notabene menjadi motor pendukung pemerintah malah berusaha membuat pansus-pansus yang bermuara menekan pemerintah.

Hal itu disebut Arbi karena kegalauan sistem politik saat ini. Kalau dilihat permainan Pansus Pelindo II patut diselidiki apakah pansus itu bermuara ke pemakzulan.

"Apakah pansus itu menjatuhkan presiden, atau permainan menghabiskan energi dan pansus saja. Atau PDIP dan partai lainnya hanya bikin pencitraan. Cari panggung," lanjut Arbi.

Hari ini, Pansus Pelindo II dijadwalkan menggelar rapat dengan mengundang narasumber Jaksa Agung. Namun, saat Jaksa Agung HM Prasetyo sudah datang, rapat malah dibatalkan karena tidak kuorum.

"Karena sebagian pimpinan dan anggota tidak bisa hadir, maka ditunda dengan menyesuaikan waktu Pak Jaksa Agung," kata Anggota Pansus, Junimart Girsang.

Kejagung rencananya akan dimintai penjelasan mengenai izin dari Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) kepada Pelindo II. Pansus juga akan menanyakan dasar hukum dalam penerbitan surat untuk memperpanjang konsesi antara Pelindo II dengan perusahaan asal Hong Kong, Hutchinson Port Holdings (HPH).

DPR Desak KPK Usut Korupsi Pembangunan Terminal New Priok

(ren)

Adik Bambang Widjojanto diperiksa Bareskrim

Kasus Pelindo, Polri Juga Periksa Adik Bambang Widjojanto

Haryadi diperiksa sebagai tersangka kasus mobile crane Pelindo

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016