Ketua MPR Zulkifli Hasan: Kita Adalah Muslim Toleran

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek. Kepada Hotek, Zulkifli mengucapkan terima kasih atas kedatangannya dan mengucapkan selamat bertugas menjadi duta besar, di ruang kerjanya Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin 14 Desember 2015.

Golkar Milenial Dukung Aziz Syamsudin Jadi Ketua MPR

Dikatakan bahwa hubungan kedua negara, Ceko dan Indonesia, telah berlangsung sejak lama dan dirinya berharap hubungan kedua negara khususnya antarparlemen ditingkatkan dan menjadi lebih baik. “Meningkatnya hubungan antar parlemen akan mendukung kerja sama hubungan antar pemerintah kedua negara,” ujar Zulkifli.

Dikatakan oleh Zulkifli kepada Hotek bahwa di Indonesia ada tiga kamar parlemen, yakni MPR, DPR, dan DPD. Dikatakan tugas MPR selain melantik dan memberhentikan Presiden juga untuk mengubah konstitusi.

Lahir 17 Agustus, Empat Bayi di Lamongan Dapat Bingkisan

Lebih lanjut dikatakan bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, dan bahasa. Walau mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam namun semua saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain. “Perbedaan justru menjadi keunggulan bangsa ini,” ucap Zulkifli.

Zulkifli menuturkan, bangsa Indonesia memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. MPR disebut mempunyai tugas untuk mengawal keragaman yang ada.

PAN: Amandemen Capres 'Orang Indonesia Asli' Bisa Dilakukan

Diungkapkan meski Jakarta mayoritas beragama Islam namun gubernurnya adalah Ahok yang non-Muslim. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mayoritas penduduknya beragama Katolik namun Ketua DPRD-nya adalah seorang muslim. Ditambahkan, bahwa bangsa ini tidak pernah membedakan karena faktor perbedaan. Ada komitmen untuk selalu mengedepankan kebersamaan. Meski demikian diakui masih ada masalah-masalah kecil.

Zulkifli senang bila nanti ada delegasi dari Eropa datang ke Indonesia. Dirinya akan memperlihatkan kepada para delegasi Eropa mengenai kehidupan yang ada di Indonesia. “Kami Muslim yang toleran,” ujanya. Dijelaskan kepada Hotek bahwa di Indonesia banyak tempat ibadah yang letaknya berdampingan. Dirinya mengharap Indonesia bisa menjadi model bagi negara lainnya.

Disebutkan bahwa agama Islam tidak hanya di Timur Tengah, di Indonesia mayoritas beragama Islam dan menjadi negara di mana ummat Islamnya paling banyak. Dalam konflik Timur Tengah yang terjadi, Zulkifli mengharap agar kita semua mencari dan memberi jalan keluarnya.

Dalam kesempatan itu, Hotek memuji Indonesia sebagai negara yang indah. Indonesia dikatakan sebagai negara yang memiliki ribuan pulau. Hotek membandingkan dengan negaranya yang kecil. Dirinya ingin komunikasi antarparlemen dan pemerintahan kedua negara selalu ditingkatkan. Keinginan Hotek disambut baik oleh Zulkifli. Zulkifli siap membantu memperlancar hubungan kedua negara.     

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya