Pagelaran Wayang Orang Metode Sosialisasi Empat Pilar MPR

Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadono
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Badan Pengkajian MPR RI  Bambang Sadono membuka pelaksanaan sosialisasi empat pilar MPR melalui pagelaran Wayang orang. Acara tersebut berlangsung  di Taman Budaya Raden Saleh Semarang, Kamis 17 Desember 2015.

Golkar Milenial Dukung Aziz Syamsudin Jadi Ketua MPR

Pagelaran tersebut menampilkan kelompok  Ngesti  Pandoeo dengan tema Kresna Duta. Ikut hadir dalam pementasan tersebut, Bowo Sidiq Pangarso Fraksi Partai Golkar MPR,  Ali Maher Fraksi partai Nasdem MPR dan  Abdul Wachid Fraksi Partai Gerindra MPR RI.

Saat memberikan sambutannya Bambang Sadono antara lain mengatakan penggunaan wayang orang sebagai sarana sosialisasi empat pilar merupakan pilihan yang sangat baik. Itu artinya MPR peduli, turut menjaga dan melestarikan kesenian tradisional. Apalagi keberadaan wayang orang semakin terpinggir dan terancam. Terbukti, saat ini hanya ada tiga group wayang orang yang masih bertahan, yaitu Ngesti Pandowo Seamarang, Sriwedari Surakarta dan Barata Jakarta.

Lahir 17 Agustus, Empat Bayi di Lamongan Dapat Bingkisan

"Wayang orang sudah terlalu lama dibiarkan berjuang sendiri menghadapi himpitan zaman. Padahal lawan dan tantangannya semakin besar. Karena itu pemerintah harus turun tangan, ikut serta melestarikan kesenian ini agar tidak hilang dari masyarakat,” kata Bambang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga wayang orang adalah pemberian anggaran yang asalnya dari APBD. Namuan cara tersebut harus dituangkan ke dalam Peraturan Daerah, sehingga itu bisa berjalan secara berkesinambungan, tidak tergantung sipapun kepala daerahnya.

PAN: Amandemen Capres 'Orang Indonesia Asli' Bisa Dilakukan

"Ini harus segera dilakukan, jangan sampai wayang orang diklaim menjadi milik negara lain, setelah itu baru kita kelabakan, dan berusaha mempertahankan,” kata Bambang menambahkan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan Pagelaran Kesenian Tradisional Wayang orang merupakan salah satu metode sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Tugas sosialisasi yang dilakukan MPR merupakan perintah UU. Karena itu pagelaran wayang orang ini merupakan tindakan sesuai UU.

Metode  sosialisasi empat pilar menggunakan wayang orang merupakan cara yang unik. Sedang pemakaian wayang orang itu sendiri baru pertama dilakukan sepanjang berlangsungnya sosialisasi. Nyatanya wayang orang  masih hidup dan digandrungi masyarakat.

"MPR akan terus menggunakan cara-cara yang lebih menarik dalam melaksanakan amanat UU untuk melakukan sosialisasi, salah satunya dengan sarana wayang orang. Karena kesenian wayang orang begitu diminati dan sangat dekat dengan masyarakat,” kata Ma'ruf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya