Bupati Cantik Ini Pimpin Daerah Rawan Konflik di NTB

Bupati Bima Nusa Tenggara Barat Indah Damayanti Putri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kusnandar

VIVA.co.id – Bupati Bima Nusa Tenggara Barat Indah Damayanti Putri menjadi wanita pertama didaerah ini yang menjabat sebagai bupati. Ia hadir sebagai penerus dari mendiang suaminya Ferry Zulkarnain Bupati Bima dua periode berturut, sejak 2008-2013 dan wafat pada beberapa bulan masa jabatannya di periode kedua 2013-2018.

Makna Air Narmada dan Tanah Tambora yang Dibawa Gubernur NTB ke IKN

Sebagai sosok istri dari tokoh panutan masyarakat Kabupaten Bima, ia berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan mendiang suaminya mensejahterakan rakyat dan meningkatkan ekonomi pembangunan di Kabupaten Bima. Konon dikabarkan Ferry Zulkarnain wafat karena jatuh sakit, beberapa saat setelah meninjau lokasi banjir di wilayahnya.

"Saya ingin menunjukkan kepercayaan diri perempuan di Nusa Tenggara Barat tidak hanya di Bima, bahwa kesempatan itu selalu ada dan kalau kita bersungguh-sungguh kita akan pasti mewujudkannya," katanya usai pelantikan, Rabu 17 Februari 2016.

Delapan Copet di WSBK Mandalika Divonis Satu Tahun Penjara

Wanita kelahiran Dompu 1980 ini, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima. Semasa mendiang suaminya menjabat sebagai Bupati, ia bergelut dengan dunia pemerintahan mewakili aspirasi rakyat dari fraksi Golkar. Iapun dikenal sebagai sosok yang humanis, dan akrab dengan masyarakat, untuk memimpin daerah yang pernah disebut-sebut sebagai zona rawan konflik di NTB.

Tak heran pada acara silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Bima yang tak dapat menyaksikan langsung pelantikan dirinya, ribuan masyarakat Bima yang sengaja datang ke Mataram berjejal, hanya untuk dapat bersalaman dan mengapresiasi, dengan harapan dapat berfoto bersama.

Remaja 17 Tahun di Bima NTB Diperkosa Saat Pulang BAB di Sungai

Tak tanggung, saat pilkada serentak pada 9 Desember 2015 lalu, wanita yang akrab disapa Dinda ini berhasil mengalahkan tiga pasangan pesaingnya. Yang dimana diantaranya terdapat tokoh incumbent wakil Bupati yang mengusungkan diri sebagai Bupati saat pencalonan.

Gubernur NTB Zainul Majdi bahkan mengapresiasi, jika daerah di NTB kini memiliki sosok pemimpin dari kalangan perempuan.

"Alhamdulillah sekarang ada wanita jadi pemimpin, Bu Dinda juga punya pengalaman karena beliau pernah menjadi Wakil DPRD selama lebih dari 5 tahun," katanya.

Zainul Majdi juga usai melantik 7 Bupati dan Walikota di Hotel di Mataram meyakini, jika Indah Damayanti merupakan sosok pemimpin yang di inginkan masyarakatnya. Mengingatkan masa kepemimpinan Ferry Zulkarnain silam.

"Secara kultural beliau sudah punya pengalaman yang banyak untuk membangun motifasi masyarakat, dan membangun daerah. Kemudian juga pernah pendampingi Bupati, itu pengalaman yang sangat berharga dan tentu semuanya akan berjalan dengan baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya