Wiranto Dukung Jokowi Rombak Kabinet

Menkopolhukam, Wiranto.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, menyatakan mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk jika hendak merombak kabinetnya atau reshuffle.
Kepala PPATK Sambangi Kantor Wiranto
 
"Saya mendukung apa yang dilakukan Presiden setiap saat," kata Wiranto kepada wartawan di Denpasar, Bali, pada Rabu, 13 April 2016.
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
 
Kendati begitu, Wiranto meminta semua pihak tak gaduh menanggapi wacana perombakan kabinet. Sebab, hal itu murni kewenangan presiden yang tak bisa diganggu-gugat. "Itu keyakinan Presiden. Reshuffle itu hak Presiden. Jangan ikut campur," ujar Wiranto.
Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN
 
Wiranto pun menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden andai dia ditunjuk menjadi menteri. Masalahnya bukan siap atau tidak siap jika diminta menjadi menteri, tetapi Wiranto memahami bahwa Presiden memerlukan pembantu atau tim yang kuat dan bisa bekerja sama dengan baik.
 
“Ini masalah yang amat sulit untuk seorang Presiden membangun satu tim yang sangat kuat. Sekali lagi saya serahkan sepenuhnya kepada Presiden untuk menyusun tim ini," katanya.
 
Ia mendorong Presiden agar dapat memilih menteri yang dapat mengimplementasikan visi dasar atau pun kebijkan strategis dan taktis lainnya. Presiden pada dasarnya cukup menyusun kebijakan dasar yang kemudian dilaksanakan pada tingkat teknis oleh para menterinya.
 
Menurut Wiranto, tanpa tim yang kuat, segala kebijakan Presiden tidak dapat berjalan dengan baik. Ia percaya jika jajaran menteri rapuh, segala kebijakan pemerintah akan menemui hambatan.
 
"Maka tunggu saja, tidak usah kita ributkan. Yang menilai Presiden, yang punya hak Presiden, dan nanti yang bertanggung jawab juga Presiden," katanya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya