Fahri Hamzah Wakili Ketua DPR Pidato Acara Parpol se-Asia

Fahri Hamzah diajang Partai Politik se-Asia (ICAPP)
Sumber :
  • VIVA.co.id / Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mewakili Ketua DPR, Ade Komarudin memberikan pidato kunci dalam acara International Conference of Asian Political Parties (ICAPP).

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

"Saya ucapkan selamat datang pada seluruh delegasi partai politik yang berada di kawasan Asia Afrika," kata Fahri dalam acara ICAPP di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu, 23 April 2016.

Ia mengapresiasi kehadiran para delegasi sebagai ikhtiar bersama untuk membangun demokrasi di kawasan Asia dan Afrika. Ia menilai partai politik tak punya pilihan kecuali membangun demokrasi di negara masing-masing.

Fahri Hamzah: Aksi Sujud Risma Bukti ada Masalah Penanganan Corona

"Di tengah dunia yang makin kacau,  konsolidasi demokrasi menghadapi goncangan yang serius. Di Asia Afrika diidentifikasi akan ada negara yang menjadi negara gagal," kata Fahri.

Ia menilai, salah satu penyebab negara-negara diidentifikasi menjadi negara gagal karena gagalnya konsolidasi partai politik. Karena itu, menurutnya berkumpulnya partai politik kali ini ditujukan untuk memikirkan masa depan demokrasi dan partai politik.

Fahri Hamzah: Jokowi Mengiba, Bukan Drama 'Marah'

"Adalah satu ikhitiar yang mulia dan berarti. Karena tidak ada demokrasi tanpa partai politik. Partai politik adalah backbone demokrasi kita. Negara-negara yang gagal demokrasi terjebak lagi dalam perang sipil atau penguasaan kembali oleh para tiran. Kudeta militer," kata Fahri.

Di akhir pidato, ia menjelaskan ketidakhadiran Ketua DPR, Ade Komarudin karena ada aktivitas politik di luar kota. Sehingga ia dipercaya mewakilinya.

"Saya ingin bacakan pidato Ketua DPR, Ade Komarudin. Saya wakili beliau untuk membacanya. Kehormatan untuk sesi ini," kata Fahri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya