Ketua Komisi III Bocorkan Nama Calon Wakapolri

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Posisi Kapolri hampir bisa dipastikan akan menjadi milik Komjen Tito Karnavian. Tito diajukan oleh Presiden Jokowi ke DPR sebagai calon tunggal.

Wakapolri Pengganti Budi Gunawan Dilantik Besok

Namun, siapa yang akan menduduki jabatan wakil kapolri juga menarik untuk dinantikan. Ketua Komisi III, Bambang Soesatyo, mengaku mendengar setidaknya ada dua kandidat yang nantinya menggantikan posisi Komjen Budi Gunawan.

"Nama yang beredar, ada Syafruddin dan Lutfi," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Syafruddin Siap Jadi Wakil Kapolri

Dari informasi yang dikumpulkan, Irjen Lutfi Lubihanto adalah Wakabaintelkam sedangkan Komjen Syafruddin adalah Kalemdikpol. Namun, Bambang belum bisa memastikan apakah nama kedua perwira polisi tersebut benar-benar akan mendampingi Tito.

"Kalau soal waka (wakil kepala) itu kewenangan Kapolri baru dan Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) di Polri," ujarnya.

Calon Kuat Wakapolri Dampingi Tito Rapat di DPR

Lebih lanjut, Bambang berharap Tito fokus pada proses fit and proper test dan tidak terburu-buru memilih wakapolri. "Penetrasi itu, kalau sudah smooth baru dipikirkan," katanya.

Selain itu, politikus Partai Golkar ini mendengar isu, Komjen Budi Gunawan yang saat ini menjabat Wakapolri akan menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Namun, lagi-lagi, Bambang belum bisa memastikan kabar tersebut.

"Belum terkonfirmasi. Susah hubungi Presiden, kan hanya Jokowi dan Tuhan yang tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya