Pemerintah Pertimbangkan Usul Penguatan BPOM

Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kewenangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diusulkan ditambah dengan kewenangan menyidik. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, usulan itu segera dipertimbangkan pemerintah.

BPOM Pastikan Air Kemasan Galon Guna Ulang Aman

"Tentu saja, kajian dari DPR untuk perluasan wewenang BPOM mungkin bisa segera ditindaklanjuti," kata Puan, ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Menko Puan mengakui, pengawasan dari BPOM saat ini belum bisa menyeluruh. Hal itu, segera ia bahas dalam rapat koordinasi dengan Kepolisian, Kementerian Kesehatan, dan BPOM dalam waktu dekat ini.

BPOM Perbolehkan Obat Asam Lambung Ranitidin Dipakai, Ini Daftarnya

"Tidak hanya soal obat palsunya, tetapi juga bagaimana distribusinya, pabriknya, kemudian menjaga agar itu tidak terjadi lagi," ujar Puan.

Sementara itu, mengenai penghematan anggaran yang dilakukan pemerintah, menurut Menko Puan, hal itu tidak perlu dikhawatirkan akan menghambat usulan penguatan BPOM. Apalagi, BPOM disebutnya sebagai salah satu penjaga masyarakat.

BPOM Temukan Kandungan Berbahaya dalam Lipstik KYLIE

"Tentu, kita harus fokus dengan anggaran yang ada, seefisien mungkin. Sehingga, negara bisa hadir di masyarakat, sehingga tugas dari BPOM itu sebagai salah satu penjaga masyarakat bisa dilakukan," kata Puan. (asp)

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), Penny K Lukito.

BPOM Tambahkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' pada Produk Siap Konsumsi

Ini dilakukan BPOM untuk memudahkan konsumen dalam membeli dan memilih produk pangan yang lebih sehat.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2021