Jokowi Ingatkan Makna Fiqih 'Gitu Aja Kok Repot'

Presiden Jokowi hadiri acara haul Gus Dur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengenang kembali ajaran almarhum Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Ajaran yang paling melekat soal Gus Dur, menurut Jokowi adalah kalimat "gitu aja kok repot".

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Dalam sambutannya di hadapan ribuan orang yang menghadiri haul Gus Dur ke-7 di kediaman Gus Dur di Jalan Warung Salih, Jagakarsa, Jakarta, Jumat malam, 23 Desember 2016, Jokowi mengingatkan kembali soal kalimat khas itu.

"Dan menurut saya, Gus Dur itu selalu optimistis dalam memandang Indonesia ke depan. Dan ketika mengambil keputusan yang rumit, saya suka teringat kata-kata Beliau, gitu saja kok repot," ujar Jokowi meniru ucapan Gus Dur yang disambut sorak para hadirin.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Mengenai kata-kata yang melekat pada Gus Dur itu, Jokowi sempat diberitahu oleh anak Gus Dur yaitu Yenni Wahid mengenai asal muasal "gitu aja kok repot".

"Tadi putri beliau (Gus Dur), Yenni Wahid, membisikkan soal inspirasi ucapan itu sebuah kaidah fiqihnya, yassiru wala tu 'assir," kata Presiden.

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

Kemudian, Jokowi melanjutkan bahwa arti dari yassiru wala tu 'assir adalah mudahkanlah dan jangan dipersulit.

"Kita ini sekarang-sekarang yang mudah itu dipersulit. Harusnya yang sulit-sulit dipermudah, jangan dibalik-balik, bener ndak?" kata Jokowi yang disambut anggukan para jemaah.

Setelah itu, Jokowi pun menutup sambutannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya