INDONESIA HARI INI

24-1-1942: Pertempuran Balikpapan

Ilustrasi tentara Belanda dan Jepang
Sumber :
  • www.sukarnoyears.com

VIVA.co.id – Tanggal 24 Januari 1942 merupakan hari pertempuran antara Belanda dan Jepang di Balikpapan, Kalimantan, sebelum kemerdekaan Indonesia. Pertempuan kedua tentara penjajah tersebut berlangsung dua hari di lepas pantai kota Balikpapan dan termasuk dalam sejarah yang penting untuk dicatat.

15-11-1946: Indonesia Menjadi Bagian Republik Serikat

Pasukan Belanda dari KNILsaat itu dipimpin oleh Letkol C. Van den Hoogenbend. Sementara tentara Jepang dikomandoi oleh Mayjen Shizuco Sakaguchi.

Sebagaimana disadur dari berbagai sumber, pertempuran Balikpapan antara kedua pasukan tentara negara asing itu adalah buntut konflik Belanda dan Jepang atas wilayah Indonesia. Belanda yang lebih dahulu menduduki sengaja melakukan penghancuran ladang minyak di Balikpapan. Namun ternyata kerusakannya tidak signifikan.

26-10-2010: Mbah Maridjan Gugur di Gunung Merapi

Sementara pada tanggal 22 Januari 1942, tentara Jepang mulai merangsek dan memasuki Kalimantan . Namun pada tanggal 24 Januari 1942 saat akan memasuki Balikpapan, pasukan Belanda sempat mengebom kelompok tentara Jepang namun konvoi tersebut tetap berhasil memasuki Balikpapan.

Balikpapan lalu diduduki tentara Jepang. Setelah itu sebagian tentara Jepang pimpinan Sakaguchi menyerang Banjarmasin dan wilayah Kalimantan Selatan. (ren)

Aceh Disebut Provinsi yang Nilai Toleransinya Rendah
Ilustrasi masa perang kemerdekaan RI.

25-1-1946: Daan Mogot Pimpin Taruna di Pertempuran Lengkong

Daan Mogot pada saat itu masih berusia 17 tahun.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2017