INDONESIA HARI INI

08-03-1942: Perjanjian Kalijati, Diplomasi Kekalahan Belanda

Ilustrasi tentara Belanda dan Jepang
Sumber :
  • www.sukarnoyears.com

VIVA.co.id – Pada hari ini tahun 1942 silam ditandatangani Perjanjian Kalijati yang berisi kesepakatan, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Jajahan Hindia Belanda yaitu Indonesia kemudian diserahkan kepada Jepang.

Rayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Gelorakan #SemangatSalingBantu

Jepang lebih awal sudah menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai. Dengan ambisi Jepang sebagai pemimpin dunia. Negara tersebut juga sudah mendeklarasikan diri sebagai pemimpin Asia dan makin memperluas jajahan, mulai China hingga Indonesia yang pada saat itu dijajah oleh Belanda.

Dengan senjata yang lengkap, pasukan Jepang membuat tentara Belanda kewalahan di berbagai lokasi. Hingga akhirnya Jepang tiba di Batavia pada awal tahun 1942, memukul tentara Belanda dan sekutu.

Hari Pahlawan, Megawati Minta Santri dan Milenial Jaga Kemerdekaan RI

Serangan Jepang pada akhirnya berhasil meruntuhkan pertahanan Belanda. Akhirnya secara diplomasi, Belanda menyerah kepada Jepang melalui Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942.

Perjanjian Kalijati juga memuat pembentukan pemerintahan militer Jepang yang dipimpin oleh Gunseikan.

Spesialis Runner Up, 'Warisan' Belanda untuk Timnas Indonesia

Kalijati saat ini merupakan wilayah kecamatan yang berada di bagian Barat, Subang, Jawa Barat. Penandatanganan dilakukan Jepang dan Belanda di sebuah rumah di Kompleks Garuda E25 Lanud Suryadarma. Saat ini rumah tersebut dikenal dengan Rumah Sejarah Kalijati yang menjadi museum sejarah peringatan perjanjian Belanda menyerah tanpa syarat itu. (mus)

Proklamasi kemerdekaan, penanda mulainya

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

Menjelang HUT RI ke-76, yuk simak kilas balik deretan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara mana saja?

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2021