Komisioner KPU dan Bawaslu Akhirnya Sepakat Ditambah

Kantor KPU di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Pius Yosep Mali.

VIVA.co.id – Wakil Ketua Pansus Pemilu, Ahmad Riza Patria, mengatakan pemerintah dan DPR telah menyepakati penambahan komisioner KPU dan Bawaslu bertambah dari tujuh menjadi 11 orang. Komisioner Bawaslu bertambah dari lima menjadi sembilan orang.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

"Penambahan ini dengan pertimbangan karena Pemilu 2019 jauh lebih sulit karena juga ada pilpres dan pileg yang dilakukan secara serentak," kata Riza usai rapat pansus di gedung DPR, Jakarta, Senin 5 Juni 2017.

Ia menjelaskan sesuai pengalaman sebelumnya, praktik penanganan pemilu perlu lebih baik dan serius. Juga perlu perhatian komisioner KPU dan Bawaslu.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

"Kami juga menambah eselon 1, deputi di KPU Bawaslu supaya kesekjenan juga lebih kuat. Pertimbangan lainnya juga kita ingin pengambilan keputusan di KPU Bawaslu bisa dilaksanakan lebih cepat," kata Riza.

Ia menjelaskan mulanya penambahan hanya diusulkan dua orang. Tapi pada akhirnya disepakati penambahan empat orang. Penambahan ini semata membuat KPU lebih kuat.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

    
 

Pengamanan Demo di KPU dan Bawaslu

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Ribuan personel dikerahkan untuk mengawal jalannya rekapitulasi suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini Rabu, 20 Maret

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024