Lobi RUU Pemilu Kembali Diperpanjang

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA.co.id - Meskipun dijadwalkan selesai pada pukul 16.00 WIB tadi, namun lobi untuk membahas RUU Pemilu kembali diperpanjang hingga pukul 19.30 WIB. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan lobi juga belum memutuskan apakah voting, jika diputuskan, akan dilakukan secara terbuka atau tertutup.

Komisi II DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

"Tadi belum sampai pada terbuka atau tertutup. Ada juga yang menjadi permintaan untuk dieksplorasi lagi perpanjangan gitu, tapi nanti kita lihat lah," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Juli 2017.

Fadli tidak menampik adanya permintaan untuk memperpanjang pembahasan ini hingga hari Senin pekan depan. Namun yang jelas, DPR akan coba lagi meneruskan rapat pada pukul 19.30 WIB.

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

"Ya itu (hari Senin) wacana, tapi tadi kita putuskan 07.30 kita kembali ke forum lobi dulu di belakang paripurna," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengikuti sidang tidak masalah jika lobi terus diperpanjang. Namun, dia berharap malam ini benar-benar ada keputusan sehingga tidak diperpanjang pada Senin pekan depan.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

"Seyogyanya ya jangan ditunda yah. Saya masih percaya kepada DPR pada lobi kedua jam 8," kata Tjahjo.

Sebelumnya, lima fraksi meminta waktu untuk lobi sebelum dilakukan pengambilan keputusan lima isu krusial Rancangan Undang Undang Pemilu. Lima fraksi tersebut yaitu PKB, PAN, PKS, Demokrat, dan Gerindra.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Bamsoet menilai penyempurnaan UU Pemilu perlu dilakukan di awal pemerintahan Prabowo Subianto periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024