Teka-teki Politikus Muda Pendamping Khofifah di Pilgub Jatim

Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA – Khofifah Indar Parawansa mantap maju ke Pemilihan Gubernur Jawa Timur meski belum resmi deklarasi. Nama pendamping Khofifah kini yang menjadi perbincangan karena sejumlah politikus muda dikaitkan. Spekulasi politik pun mencuat.

Khofifah Ingin Duet Lagi dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Sejauh ini, sudah empat nama tergodok di publik yang akan mendampingi Khofifah. Empat figur tersebut adalah Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, politikus Nasdem Hasan Aminuddin, Bupati Trenggalek Emil Dardak, dan politikus muda sekaligus putra Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono.

Dari empat nama itu, belakangan yang kian menguat ialah Emil Dardak dan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Keduanya berusia muda, populer dan karirnya moncer. Sebagian kalangan seperti pengamat memprediksi dua nama itu paling tepat jika ingin head to head dengan Abdullah Azwar Anas, bakal calon wakilnya Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Khofifah Tak Setuju Wacana Kemensos dan KemenPPPA Digabung

Dikonfirmasi terkait ini, Menteri Sosial itu hanya tersenyum. Dia mengaku masih menunggu hasil ikhtiar dari Tim Sembilan, para kiai pendukung Khofifah.

"Sek ta lah rek (Sebentar dulu ya, Mas)," katanya seusai berbicara di Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 28 Oktober 2017.

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM

Khofifah mengatakan soal nama bakal calon wakilnya akan selesai kemungkinan pekan depan. "Targetnya, sesuai kesepakatan tanggal 19 Oktober lalu, tanggal 5 November (pencarian nama bakal cawagub) selesai," katanya.

Dia menjelaskan, saat ini proses survei masih dilakukan Tim Sembilan. Dia enggan menjawab ketika ditanya apakah nama-nama yang disurvei juga berasal dari usulan partai politik pengusung.

"Sudah pasti tidak hanya oleh saya, tetapi juga dengan partai pengusung, harus bersepakat siapa kira-kira yang dipilih," ujar Khofifah.

Khofifah disebut-sebut sebagai pesaing kuat duet Gus Ipul-Azwar Anas yang diusung koalisi PKB-PDIP. Baru dua partai yang sudah menyatakan mengusung Khofifah, yakni Golkar dan Nasdem. PPP dan Demokrat disebut-sebut bakal menyusul untuk mendukung Ketua Muslimat NU tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya