PKS Soroti Rendahnya Keterwakilan Perempuan di Parlemen

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA – Partisipasi perempuan dalam politik sejauh ini masih kalah? jauh dibandingkan laki-laki. Perbandingan partisipasi ini terutama politik di legislatif parlemen. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan hal ini ada beberapa faktor penyebab seperti salah satunya ketertarikan perempuan maju dalam politik.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Ada banyak faktor yang menjadi penyebab, bukan saja karena hambatan struktural sistem politik tapi juga faktor minat dan ketertarikan perempuan dalam politik," kata Jazuli dalam keterangannya, Jumat, 22 Desember 2017.

Jazuli juga menyoroti faktor perempuan yang tertinggal di bidang pendidikan dan ketenagakerjaan.? Persoalan ini ikut mempengaruhi dalam indeks pemberdayaan gender (IDG).  

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

"Salah satunya bagaimana aspek proporsi keterwakilan perempuan dalam pemilu," tutur anggota Komisi I DPR tersebut.

Menurut dia, partisipasi perempuan dalam politik akan mendorong minat kaum hawa. Peran parpol diminta ikut aktif mendukung minat kaum perempuan.

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

"Ibu atau perempuan yang menunjukkan kesungguhan dalam berkiprah di luar terlebih di ranah politik tentu saja menjadi oase inspirasi dan kebanggaan tersendiri bagi kita semua," kata Jazuli.

Kemudian, ia berharap peringatan setiap 22 Desember bisa menjadi momen? pengingat peran ibu sebagai pendidik generasi bangsa. Peradaban bangsa ikut dipengaruhi dari peran kaum perempuan.

"Ibu sangat istimewa dan memiliki tempat tersendiri di hati kita. Dari rahimnya lahir generasi yang menentukan baik buruknya bangsa bahkan peradaban," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya