Gus Ipul Sadar Mundurnya Azwar Anas Berimbas Besar

Gus Ipul di DPP PKB DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Eka Permadi

VIVA – Calon Gubernur Jawa Timur yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDIP, Saifullah Yusuf atau sering disapa Gus Ipul, mengaku terkejut saat Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, mengundurkan diri sebagai calon pendampingnya di Pilkada Jatim  27 Juni 2018 mendatang. Gus Ipul juga mengaku kaget dengan viralnya berita dan foto yang “menyerang” Azwar melalui media sosial (medsos).

Menelisik Gaya Kepemimpinan Transformasional Abdullah Azwar Anas

"Ini sesuatu yang tidak terduga. Apalagi beberapa hari menjelang pendaftaran sesuatu yang mengejutkan tidak terduga," kata Gus Ipul di DPP PKB, Jakarta, Jumat 5 Januari 2018.

Gus Ipul mengatakan, "serangan" mendadak atas Azwar itu sangat berpengaruh terhadap dirinya sebagai calon Gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jawa Timur.

Puti Soekarno Blusukan Ditemani Bekas Calon Wakil Gus Ipul

"Yang jelas apa pun agenda di balik ini itu berimbas pada kami yang akan mendaftar beberapa hari ke depan ini. Saya pahami sebagai sebuah proses politik yang semestinya tidak terjadi," lanjutnya.

Mengenai alasan Azwar mundur, Gus Ipul mengaku  belum bisa memastikan.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

"Detailnya saya tidak tahu, ya Beliau kirim pesan kepada saya. Ia ingin menyampaikan apa yang dipikirkan dan saya belum sempat ketemu secara langsung. Alasannya mundur mungkin mas Anas sendiri yang tahu," paparnya.

Gus Ipul menilai, mundurnya Azwar sebagai calon wakil gubernur Jatim akan bisa mengganggu hal-hal yang selama ini telah dipersiapkan. Sesuai dengan UU Pilkada, pasangan calon disebutkan harus mulai mendaftar ke KPUD pada tanggal 8 hingga 10 Januari 2018.

"Waktu yang ada kami manfaatkan untuk mengambil langkah. Kami diskusi dengan PDIP dan PKB sambil menunggu hasil dari isu yang berkembang ini. Nanti seperti apa, kami tunggu keputusan PDIP," paparnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya