Catat, Empat Hal yang Bisa Dicicil 0 Persen Selain DP Rumah

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Ketika Anda akan membeli barang di suatu tempat ataupun toko online, biasanya akan ditawarkan sistem cara pembayaran melalui cash ataupun mencicil. Dua hal ini memiliki kelebihan masing-masing. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Jika Anda sedang memiliki uang tunai pada saat itu, tentu akan lebih baik membeli secara cash. Namun, jika ternyata uang Anda sedang kurang, tentu Anda bisa memilih cara pembayaran melalui cicilan. Apalagi jika Anda adalah pengguna kartu kredit. 

Cara pembayaran seperti ini umum terjadi bagi para pengguna kartu kredit tertentu karena memang toko yang bekerja sama dengan kartu kredit bank bersangkutan. Dikutip dari Cermati.com, Senin 2 April 2018 ada empat hal yang bisa ditransaksikan dengan cicilan 0 persen, yaitu:

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Belanja di merchant bisa pakai cicilan 0 persen

Belanja di merchant bisa dilakukan dengan cara mencicil tanpa bunga. Biasanya cicilan 0 persen dengan kartu kredit maksimal sampai 24 bulan. Namun, walaupun terdengar tanpa bunga, bukan berarti tanpa ada syarat dan ketentuan.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Syarat yang harus dipenuhi ketika Anda memilih cicilan 0 persen adalah limit kartu kredit Anda harus mencukupi. Sebab jika tidak, sudah pasti akan ditolak. Selain itu, carilah merchant yang membuka fasilitas pembayaran dengan bunga 0 persen.

Sudah ada banyak tempat yang menghadirkan cicilan dengan bunga 0 persen di berbagai merchant, seperti supermarket, department store, toko elektronik, dan toko lain yang memang sudah bekerja sama dengan bank tertentu.

2. Belanja online

Yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi apalagi jika Anda adalah penggemar belanja online. Sistem pembayaran dengan belanja 0 persen sudah berlaku hampir di semua marketplace berbasis online, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.Id, Elevania, MatahariMall.com, dan lain-lain yang memang telah bekerja sama dengan beberapa bank tertentu untuk menawarkan cicilan tanpa bunga.

3. Beli tiket pesawat dan reservasi hotel

Jika Anda memiliki jiwa traveler sejati, penawaran yang satu ini sudah pasti menggiurkan untuk dicoba, yaitu membeli tiket pesawat dan booking kamar hotel dengan cicilan 0 persen. Kalau Anda pengguna kartu kredit, cobalah cari informasi mengenai hal ini dari promo bank yang sudah bekerja sama dengan agensi travel tersebut. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, semakin untung bagi Anda.

4. Pembayaran biaya rumah sakit

Ternyata tidak semua pembayaran cicilan 0 persen hanya bisa dipakai untuk kebutuhan belanja saja. Pembayaran rumah sakit seperti biaya untuk medical check up dan juga biaya rawat inap pun bisa dicicil 0 persen untuk pengguna kartu kredit bank tertentu.

Untuk melakukan pembayaran rumah sakit dengan cicilan tanpa bunga seperti ini sah-sah saja jika Anda tidak memiliki dana di kantong. Ada beberapa bank yang menawarkan program seperti ini melalui kartu kredit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya