Lokasi Jadi Alasan Utama Investasi Properti

CEO Crown Internasional Holding Group, Iwan Sunito.
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVA – Pengembang properti terkemuka Australia yang berbasis di Sydney, Crown Group membuka sejumlah rahasia dan kunci utama dalam berinvestasi properti. Salah satu, kunci yang harus jadi perhatian dalam investasi adalah lokasi.

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

Pendiri Crown Group yang juga perantau dari Indonesia, Iwan Sunito mengatakan, sebelum melakukan semua investasi di sektor properti perlu diperhatikan dahulu lokasi yang akan dipilih. Sebab, hal itu akan menentukan keuntungan investasi ke depannya.

“Untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang diperhatikan adalah lokasi, lokasi, lokasi. Sebab,  selain reputasi pengembang dan desain bangunan, lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan di masa mendatang," jelas Iwan dalam keterangan tertulisnya, Senin 16 April 2018.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Ia mengungkapkan, daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished. Untuk itu, kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan dibanding kawasan Central Business Distrik (CBD).  

Desain properti

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Begini Penjelasan Lengkap PDS

Selain itu, lanjut Iwan dalam investasi properti juga perlu melihat lokasi tersebut dekat dengan apa, bagaimana demografinya, kondisi pasarnya, fasilitas umum yang tersedia apa, pertumbuhan harga, dan daya sewa di wilayah tersebut.

Adapun Iwan contohkan adalah, proyek properti yang sedang digarap oleh perusahaannya yaitu di kawasan Eastlakes. Di mana lokasi itu terletak di kawasan suburb timur, atau sekitar enam kilometer dari CBD Sydney, dengan bandara domestik dan pantai Coogee.

"Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Hanya tiga menit menuju Alexandria, enam menit ke Surry Hills, delapan menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10-11 menit, pantai Coogee 10 menit, pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, Bandar udara domestik enam menit dan Bandar udara internasional 11 menit," jelasnya.

Selain itu, demografis Eastlakes juga sangat menarik karena 46 persen total populasi adalah usia produktif. Hal tersebut menjadi perhatian dalam peningkatan biaya sewa di Eastlakes lima tahun terakhir yang mencapai 21 persen atau rata-rata 4 persen per tahun.

Untuk itu, Iwan manambahkan, agar mendapat keuntungan yang maksimal maka para calon investor harus bisa mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya perihal area yang ingin dijadikan investasi sebelum mereka menjatuhkan pilihan.

“Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat pula kalkulasi untuk keputusan yang akan diambil, dan kapan waktu investasi yang tepat, jawabnya adalah sekarang,” tegas Iwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya