Lima Cara Asik agar Gaji Banyak Masuk Tabungan

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA – Bekerja dan memiliki penghasilan tambahan, seseorang tentu telah terbiasa mengatur keuangannya. Mengelola keuangan dengan baik merupakan hal wajib yang perlu dilakukan, mengingat seseorang akan memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Idealnya gaji bulanan ini memang harus bisa memenuhi semua kebutuhan, termasuk sejumlah tabungan yang akan disimpan dan sisihkan untuk berbagai kebutuhan di masa yang akan datang.

Namun pada kenyataannya, menyisihkan sejumlah dana tabungan ini bukanlah perkara yang mudah bagi setiap orang, barangkali seseorang juga sering mengalaminya.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Jika dibiarkan dan tidak dilakukan perubahan, bukan tidak mungkin, seseorang yang bekerja sepanjang tahun, namun justru tidak memiliki sejumlah tabungan di rekeningnya.

Hindari kondisi keuangan yang berantakan seperti ini, sebab bisa membawa berbagai masalah. Simak beberapa cara mudah berikut ini, yang bisa seseorang lakukan untuk membuat gaji lebih banyak masuk ke tabungan seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu 30 Juni 2018.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1. Susun anggaran keuangan yang ketat

Cara mengelola keuangan tentu akan sangat tergantung pada cara menyusun anggaran keuangan itu sendiri. Jika selama ini merasa sulit menabung, besar kemungkinan anggaran keuangan yang Anda miliki memang tidak sesuai dengan kondisi keuangan.

Lakukan perbaikan dan cobalah untuk menyusun ulang anggaran keuangan ini. Tempatkan berbagai pos yang penting diadakan di dalam keuangan, dan upayakan untuk mengatur pengeluaran dengan ketat.

Hal ini penting, agar pos pengeluaran ini bisa sesuai dengan pemasukan yang Anda miliki. Jika perlu, menghapus berbagai pos yang tidak penting di dalam keuangan.

2. Jalankan dan evaluasi anggaran secara berkala

Jika telah menyusun anggaran keuangan dengan tepat, segera jalankan anggaran ini di dalam keuangan. Pastikan Anda mematuhi semua anggaran yang dimiliki, sehingga tidak terjadi pembengkakan di dalam pengeluaran.

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala, setidaknya sekali dalam sepekan. Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk melakukan perbaikan jika dibutuhkan, dan mengontrol anggaran tersebut agar berjalan dengan lancar.

3. Lakukan penghematan

Beberapa penghematan juga bisa Anda lakukan, sehingga angka pengeluaran bisa ditekan dengan baik. Hal ini tidak akan sulit dan bisa dilakukan pada berbagai pengeluaran yang bersifat tidak begitu penting.

Misalnya membawa bekal makan siang ke kantor, mengurangi kegiatan nongkrong di kafe mahal dan membutuhkan budget lumayan, mencuci pakaian sendiri serta menyimpan uang laundry, dan yang lainnya.

4. Belanja cerdas di awal bulan

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bulanan, maka akan sangat tepat jika melakukan kegiatan belanja bulanan. Hindari untuk belanja secara berulang-ulang, sebab ini bisa memicu Anda membeli berbagai barang yang tidak dibutuhkan.

Belanja kebutuhan bulanan sekaligus adalah langkah yang paling tepat. Catat dan hitung semua barang yang dibutuhkan, lalu belanjalah dengan menggunakan daftar catatan ini.

Belanjalah dengan cara yang cerdas, yakni dengan memanfaatkan penawaran diskon, kartu kredit, atau bahkan promo lainnya yang bisa membuat budget belanja lebih hemat.

Untuk berbagai informasi promo ini, Anda bisa mendapatkannya secara online atau bahkan melalui katalog belanja di supermarket pilihan.

5. Cari penghasilan tambahan

Selain berbagai langkah di atas, Anda juga bisa menambah jumlah tabungan dengan cara mencari sumber penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti bekerja paruh waktu dengan menjadi seorang freelancer, mengajar les, bekerja saat weekend, dan yang lainnya.

Pastikan memilih jenis pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan, sehingga Anda bisa menikmati pekerjaan ini dengan perasaan yang nyaman. Selain itu, pastikan kegiatan yang satu ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya