Menlu Retno Tegaskan Tak Ada Perang Dagang RI dan AS

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tidak sedang melaksanakan perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

'Perang' berupa pengenaan tarif impor untuk sejumlah komoditas dagang itu dilakukan sebagai bentuk respons atas kebijakan Presiden AS Donald Trump yang melakukan hal serupa di negaranya.

"Teman-teman jangan terperangkap dalam kalimat bahwa ada perang dagang antara Indonesia dengan Amerika. Kita tidak ada perang dagang dengan Amerika," ujar Retno usai menerima Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menurut Retno, perang dagang hanya terjadi antara AS dan China. Meski demikian, Retno mengatakan, ia sempat mengingatkan juga kepada Pompeo bahwa perang dagang antara dua negara besar itu akan berpengaruh juga terhadap kelancaran perdagangan internasional negara-negara lain, termasuk Indonesia.

"Kondisi situasi atau hubungan perdagangan Amerika dengan Tiongkok tentunya akan memengaruhi semua negara di dunia, termasuk Indonesia," ujar Retno.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Lebih lanjut, Retno menyampaikan, hubungan dagang RI - AS sendiri terus diupayakan peningkatannya oleh kedua negara. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam kunjungannya ke AS beberapa waktu lalu telah menemui kalangan pebisnis dan pemerintahan di sana guna meningkatkan volume perdagangan, juga menuntaskan hambatan-hambatan dagang.

"Pada saat Pak Menteri Perdagangan ke sana, sambutan untuk, atau komitmen untuk meningkatkan sebuah hubungan yang lebih kuat di bidang perdagangan sangat terlihat sekali," ujar Retno.

Minister of Home Affairs Retno Marsudi (ANTARA/Yashinta Difa)

Menlu Retno: OKI Berutang Kemerdekaan Pada Rakyat Palestina

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) berutang kemerdekaan kepada rakyat Palestina.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024