Kejar Produksi Migas, Keputusan Pemenang Lelang Tiga Blok Dipercepat

Ilustrasi blok migas.
Sumber :
  • dokumentasi pertamina

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mempercepat waktu lelang blok migas eksplorasi yang sebelumnya dijadwalkan pada akhir tahun. Tiga blok eksplorasi yang dipercepat keputusannya itu adalah blok Southeast Mahakam, blok Andika Bumi Kita dan blok Banyumas. 

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Direktur Jenderal Migas, Djoko Siswanto mengatakan, percepatan ini dilakukan demi meningkatkan produksi migas dalam negeri. Penetapan pemenang dijadwalkan sama dengan lelang tiga blok migas produksi yaitu blok West Kampar, blok Selat Panjang, blok South Jambi B dan blok Makassar Strait. 

"Kita mau percepat, ini kan harusnya tutupnya Desember kan. Kita mau majuin 12 Oktober. Itu mau disamain saja sama WK (Wilayah Kerja) produksi," kata Djoko di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 19 September 2018. 

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

Djoko menjelaskan, dari tiga blok eksplorasi tersebut, dua di antaranya sudah ada peminat, yaitu blok Andika Bumi Kita dan blok Banyumas. Sementara itu, blok Southeast Mahakam memang belum ada perusahaan yang mengajukan proposal.

"Banyumas sudah dua perusahaan, Andika satu, yang Southeast Mahakam belum ada," jelasnya. 

5 Blok Migas Belum Laku Dilelang di 2023, ESDM Siapkan Mekanisme Penawaran Langsung

Dengan demikian, Djoko menegaskan bagi perusahaan migas yang berminat menjadi operator blok tersebut agar secepatnya menyampaikan minatnya dengan batas waktu yang telah ditetapkan pada 12 Oktober mendatang.

"Pengumuman (pemenang lelang) akhir Oktober, kita kasih waktu karena kan ada evaluasi nih," tuturnya.

Ketua Panitia IPA Convex 2024, Krishna Ismaputra, dalam konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2024.

Sejumlah Kontrak Blok Migas Baru Bakal Diteken di IPA Convex 2024

Kesepakatan soal blok migas baru maupun perpanjangan kontrak di sektor hulu migas nasional bakal diteken di IPA Convention & Exhibition (IPA Convex) ke-48.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024