Banyak Jalan Tertutup Hutan Lagi, Dirjen Bina Marga Ungkap Penyebabnya

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sugiyartanto
Sumber :

VIVA – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sugiyartanto menjelaskan, banyaknya jalan yang sudah dibuka di sejumlah daerah kembali tertutup hutan karena penggunaan dan pola perawatannya tidak maksimum.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Hal itu, misalnya, terjadi di jalur Wamena-Jayapura yang kini seakan kembali menjadi hutan lebat akibat lama dibiarkan dan tidak efektif dalam pemeliharaannya.

"Sebenarnya keterbukaan jalan itu harapannya bisa dilewati secara maksimum. Masalah jarang dilewati itu bisa karena faktor rusak atau apa pun, dan itu memang bagian dari pembangunan dan pemeliharaan jalan," kata Sugiyartanto di kantornya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 20 September 2018.

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Apabila jalan yang sudah dibuka tidak digunakan secara maksimal dan pemeliharaannya pun terbilang minim, menurut Sugiyarto, dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan penghutanan kembali jalan tersebut.

Target pembukaan dan pembangunan jalan, yakni meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas kerap tidak dibarengi dengan pertumbuhan aspek ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jalan tersebut.

WNA Asal Papua Nugini Ditangkap di Papua Karena Bawa Dua Butir Amunisi Ilegal

"Targetnya kan soal bagaimana konektivitas dan aksesibilitas. Khusus konektivitas, di sana sebenarnya sudah banyak KK (kepala keluarga) dan jalan itu juga sudah tembus sebelum tahun 2000," kata Sugiyartanto.

Dia menambahkan, "Tapi (jalan-jalan itu) menghutan kembali karena penggunaan luas jalan itu tidak maksimal. Padahal sebenarnya kan kita buka jalan untuk merangsang adanya kawasan industri atau KEK di sana." (ase)

Komandan Lantamal X saat menujukkan barang bukti gania

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ganja 13.430 Gram dari Papua Nugini ke Papua

TNI AL Lantamal X Gagalkan Penyudupan Ganja Seberat 13.430 Gram Dari Papua Nugini Ke Papu

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024