Soal Lion Air, Menhub Tegaskan Tak cuma Selidiki Pesawat yang Jatuh

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Prasetya Yudha

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, investigasi penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP masih harus menyeluruh. Karena itu Budi enggan berandai-andai apakah kecelakaan karena kesalahan pilot, meskipun diindikasikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

"Kan investigasi khusus itu sifatnya menyeluruh, tidak pada pesawat yang berkejadian. Kalau pada pesawat yang kejadian, kita menunggu dari KNKT," kata Budi Karya usai rapat di Komisi V DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.

Budi menegaskan pihaknya lebih menyelidiki pesawat-pesawat yang lain juga. Hal itu dilakukan untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi kepada pesawat yang lain.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

"Jadi tidak cuma pesawat yang jatuh itu. Tentang pesawat yang jatuh itu KNKT," ujar Budi.

Menhub menyampaikan, sebagian rekomendasi sudah disampaikan juga ke KNKT. Rekomendasi itu mencakup soal peningkatan standar prosedur dan juga sumber daya manusia.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

"Intinya adalah berkaitan dengan peningkatan SDM dan meningkatkan SOP, itu upaya yang kita berikan," kata dia. 

Sebelumnya, KNKT memaparkan pembacaan kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP di Komisi V DPR. Berdasarkan data FDR, KNKT mengindikasikan ada prosedur berbeda yang dilakukan pilot saat pesawat dalam kondisi stall atau hilang daya angkat. (ase)

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024