BPH Migas Lelang Dua Proyek Pipa Gas Trans Kalimantan April-Mei 2019

Ketua BPH Migas Fansharullah Asa
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan melelang dua proyek pipa gas Trans Kalimantan pada April dan Mei 2019. Dua proyek ini adalah pipa gas ruas Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah, kemudian Kalimantan Tengah-Kalimantan Barat. 

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

"Kami launch April-Mei tahun depan. Kami mulai lelang," kata Anggota Komite BPH Migas, Jugi Prajugio di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, 20 Desember 2018.

Rencananya, kedua ruas tersebut akan dibangun pipa gas dengan panjang total 1.300 kilometer. Ruas Kalsel-Kalteng sendiri akan membentang dari Banjarmasin sampai Palangkaraya sepanjang 182 km. Sedangkan ruas Kalteng-Kalbar membentang dari Palangkaraya sampai Pontianak sepanjang 1.018 km. 

Pemerintah Perluas Jargas ke 2,5 Juta Rumah Tahun Depan

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengungkapkan, sudah ada dua badan usaha yang mengajukan minat kepada BPH Migas. Menurutnya, pembangunan pipa gas ini ini murni tanpa menggunakan APBN. 

"Ini investasi, enggak ada APBN. Jadi dia investasi atau dia pinjam uang ke bank dan ada masa konsesi 30 tahun," jelas Ifan, biasa dia disapa. 

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Meski begitu, Ifan menyebut, mekanisme lelang ini akan layak kalau ada alokasi gas dan permintaan yang jelas. Misalnya, dari pembangkit listrik PLN hingga industri. Ia juga mendorong adanya pembangunan jaringan gas nantinya di Trans Kalimantan sebagai pengganti elpiji. 

"Kalau ada 16 juta penduduk (di seluruh pulau Kalimantan), Semua bisa menikmati itu," katanya. 

Sebelumnya, untuk pipa gas ruas Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan sendiri, diketahui PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) telah ditetapkan sebagai pemenang. Bakrie & Brothers akan membangun pipa gas dari Bontang, Kaltim, sampai Takisung, Kalsel, sepanjang 530 km. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya