Jadi Pemain Utama Bisnis Gas di Dunia, Segini Total Cadangan Indonesia

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Indonesia merupakan salah satu pemain utama bisnis gas bumi di dunia. Setidaknya, sejak 1977 Indonesia memegang 1,53 persen dari total cadangan gas dunia. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Djoko Siswanto, di acara Indonesia US-Japan Liquefied Natural Gas (LNG) Workshop di Hotel Pullman Jakarta. Menurut Djoko, Indonesia masih menjadi lima besar negara eksportir LNG pada 2017.

Lantas berapa total cadangan gas Indonesia?

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

"Cadangan total gas Indonesia adalah sekitar 135,55 TSCF (Triliun Standar Kaki Kubik)," ujar Djoko, Selasa 5 Maret 2019. 

Dijelaskan Djoko, dalam paparannya, total cadangan tersebut merupakan data terakhir pada 1 Januari 2018. Setidaknya ada sekitar sembilan lapangan gas yang berkontribusi besar untuk cadangan gas Indonesia dan sisanya merupakan lapangan kecil. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Total cadangan 135,55 TSCF itu terdiri dari cadangan terbukti atau P1 sebesar 99,06 TSCF, cadangan mungkin atau P2 sebesar 21,26 TSCF dan cadangan harapan atau P3 sebesar 18,23 TSCF. 

Sejak hari ini lanjut Djoko, pemerintah telah menggeser penetrasi energi dari awalnya dominan minyak bumi menjadi dominan gas bumi. Pemerintah Indonesia pun terus berupaya meningkatkan pasokan gas untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. 

"Kami berusaha sebaik mungkin untuk menemukan lebih banyak sumber daya gas dan menemukan cara untuk mentransfer sumber daya menjadi cadangan terbukti," jelas Djoko. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya