QR Code Indonesia Buatan BI Bakal Bisa Dipakai Lintas Negara

Ilustrasi Scanning QR Code.
Sumber :
  • info.qrl.bg

VIVA – Bank Indonesia bersama dengan Bank Sentral Thailand, Malaysia, serta Singapura tengah menggodok penintegrasian sistem pembayaran berbasis QR code. Dengan begitu, nantinya masyarakat antar negara tersebut bakal bisa menggunakan QR code yang sama.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Direktur Departemen Internasional BI, Wahyu Pratomo menjelaskan, saat ini proses kerja sama tersebut masih dalam tahap pembentukan kerangka kerja supaya integras QR code yang tercipta bisa tetap mengutamakan aspek-aspek perlindungan keamanan konsumen, stabilitas sistem keuangan, hingga inklusi keuangan secara kolektif.

"Sekarang sedang disusun framework bagaimana concern integrasi di kawasan. Bagaimana ritel payment dihubungkan, dengan tetap mengaktifkan aspek security konsumen dan stabilitas keuangan," kata dia di kantornya di Jakarta, Selasa 9 April 2019.

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, menambahkan ke depannya pengintegrasian tersebut akan semakin luas dilakukan bersama dengan negara-negara ASEAN lainnya. Tujuannya, supaya menarik lebih banyak persebaran turis untuk berkunjung ke masing-masing negara karena sistem pembayarannya sudah sama.

 "Nanti QR code bisa cross border karena sasarannya turis pariwisata. Turis Thailand bisa pariwisata ke Indonesia, misalnya, supaya turisnya mudah dan gampang, salah satunya dengan QR code," tutur Onny.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Menurut Onny, proses pengintegrasian QR code itu bukanlah hal yang tidak mungkin untuk terelaisasi. Sebab, QR code skala internasional sudah memiliki standar yang dibentuk oleh Europay, Mastercard, dan Visa atau EMV. Namun, yang menggunakan standar tersebut dikatakannya baru Singapura, Thailand, dan Malaysia.

"Kenapa itu memungkinkan? Karena standar yang diterbitkan Thailand, Malaysia, Singapura, menggunakan spesifikasi EMV. Indonesia juga EMV jadi gampang sambungnya," ungkapnya. (ren)
 

Gubernur BI, Perry Warjiyo

Di Pertemuan IsDB, Gubernur BI Ungkap RI Penerbit Green Sukuk Terbesar di Dunia

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebut, Indonesia menjadi negara penerbit Green Sukuk dengan nilai paling besar di dunia.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024