Menteri ESDM Arifin Tasrif Diklaim Mampu Tarik Investor

Arifin Tasrif
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Arifin Tasrif resmi mengisi kursi Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) melanjutkan estafet dari Ignasius Jonan.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, menilai penunjukan Arifin Tasrif oleh Presiden Jokowi sudah tepat. Sebab, dia memiliki cukup pengalaman dan kapabilitas di bidang energi.

"Pengalaman sebagai Dubes (Duta Besar) akan mendukung dalam diplomasi untuk menarik investor," kata Fahmy dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Arifin sebagai mantan Dubes Indonesia untuk Jepang, kata Fahmy, juga akan mempercepat realisasi investasi di Blok Masela. Pengelolaan permasalahan di sektor ESDM lainnya juga dinilai bisa untuk diselesaikan.

"Arifin Tasrif bukan dari partai, sehingga dapat meminimkan conflict of interest. Meski alokasi dana APBN relatif kecil, Menteri ESDM mengelola dan berwenang memutuskan SDA dalam jumlah yang sangat besar," kata dia.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Untuk itulah, menurutnya, meminimalkan conflict interest terhadap kepentingan partai penting bagi pimpinan sektor ESDM tersebut. Apalagi ESDM memiliki sejumlah PR ke depan, mulai dari menarik investasi, meningkatkan produksi dan menekan defisit neraca migas.

"Juga memangkas birokrasi di Kementerian ESDM, dan mengembangkan EBT (Energi Baru dan Terbarukan)," katanya.

Fasilitas pabrik Chandra Asri.

Chandra Asri Group dan Glencore Akuisisi Aset Shell Energy and Chemicals Park Singapore

PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) dan Glencore Plc menandatangani perjanjian akuisisi jual-beli dengan Shell Singapore Pte. Ltd (SSPL).

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024